Ketahui 5 Tanda Kampas Rem Mobil Habis dan Besar Biaya untuk Menggantinya

by -64 views
Kampas Rem Mobil

Kampas Rem Mobil adalah salah satu bagian penting pada kendaraan bermotor, baik itu untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Kampas rem terbuat dari bahan dasar organik atau bahan keramik yang sifat bawaannya mudah rapuh. Semakin lama kampas rem bergesekan dengan besi, semakin rapuh kampas rem tersebut sehingga tidak berfungsi dengan baik karena permukaan kampas semakin tipis dan terkikis. Dalam kondisi demikian, tentunya kampas rem tidak lagi berfungsi dengan baik. Kampas Rem Mobil berperan penting saat kita sedang mengendarai kendaraan bermotor. Saat kampas rem dalam kondisi demikian, kendaraan tidak beroperasi dengan baik dan bahkan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Untuk mengantisipasinya, ketahui apa saja pertanda kampas rem sedang dalam kondisi tidak bagus sebagaimana mestinya. Ketahui pula berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk persiapan. Berikut pertandanya!

1. Saat rem ditekan keluar bunyi berdecit

Ketebalan rem yang sudah menipis, salah satunya dicirikan dengan bunyi rem yang berdecit saat rem difungsikan. Beberapa dari Anda mungkin sudah familier dengan bunyi decitan tersebut. Bunyi yang dihasilkan hampir mirip dengan bunyi gesekan yang terjadi antara seng dan besi. Ini merupakan penanda bahwa Kampas Rem Mobil dalam kondisi tipis dan aus.

Muncul pertanyaan, dari manakah bunyi decitan tersebut? kendaraan bermotor memiliki elemen yang disebut dengan black wear indicator. Ini adalah plat kecil yang posisinya berada di sebelah kampas rem dan cenderung ke arah piringan rem. Plat tersebut terletak atau menempel pada kampas rem sehingga saat terjadi gerakan kampas rem mendekati piringan, brake wear indicator juga ikut bergerak.

Sewaktu kampas rem dalam kondisi tebal, tidak terjadi gesekan antara brake wear indicator dengan piringan rem. Ya, gesekan tersebut terjadi saat Kampas Rem Mobil dalam kondisi rapuh dan tipis. Sebaliknya, saat kampas rem masih tebal, gesekan antara break wear indicator dan piringan rem tidak akan terjadi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti Kampas Rem Mobil dengan yang baru. Sebisa mungkin segera ganti kampas rem saat muncul indikasi decitan bunyi tersebut. Kondisi kampas rem yang tipis dan terjadi gesakan terlalu lama, maka permukaan Kampas Rem Mobil perlahan akan lecet dan menimbulkan suara yang lain walaupun kampas sudah diganti, tentunya ini akan mengganggu proses berkendara.

2. Takaran Minyak Rem Menurun Signifikan

Anda mungkin bertanya-tanya, dimanakah relasi antara minyak rem dan ketebalan kampasnya? Jawabannya ada pada piston yang letaknya berada di dalam kapiler rem itu. Pada model rem cakram, tidak ditemukan pegas pengembali yang biasanya terdapat pada kapiler. Ini berarti saat piston menjulur keluar, maka tidak bisa kembali secara otomatis. Akibatnya, minyak rem yang berada di dalam reservoir akan tersedot ke dalam hidrolik rem.

Piston sampai menjulur keluar disebabkan kondisi kampas rem yang sudah tipis. Adapun kampas rem terdiri dari tiga bagian, yaitu terdiri dari dua Kampas Rem Mobil yang mengapit sebuah piringan. Dalam kondisi baru, total kelebaran kampas rem tersebut cukup lebar sehingga sedikit sekali bagian piston yang menjulur keluar. Lain halnya saat ketebalannya berkurang, maka piston akan menjulur keluar dari pipa kapiler.

Kampas Rem Mobil

3. Kondisi Rem Tidak dalam Kondisi Normal

Satu ketika rem dalam kondisi tidak pakem. Kondisi tersebut tidak disebabkan oleh kondisi kampas rem yang habis tentunya. Saat kampas rem menipis, alhasil permukaan kampas menjadi tidak rata sehingga penekanan yang dihasilkan kampas terhadap piringan menjadi kurang rata yang mengakibatkan lebih kecilnya ukuran penampang rem. Dari situ, tenaga pengeraman yang dihasilkan kurang maksimal sehingga walaupun kita telah sekuat tenaga menginjak pedal pengeremannya.

4. Kondisi Injakan Pedal Rem yang Terasa Dalam

Indikasi kampas rem habis salah satunya adalah saat Anda merasakan kampas rem tromol yang berada di bagian belakang mobil sudah mulai habis. Rem tromol itu memiliki pegas pengembali dimana saat piston bergerak maka secara otomatis akan kembali ke posisi semula. Sewaktu kampas rem masih tebal, alhasil tromol rem sudah tertekan meski hanya dengan gerakan piston yang sedikit saja. Lain halnya saat kondisi rem sudah tipis, maka gerak piston pun harus cukup jauh untuk bisa menekan tromol rem. Jauhnya gerakan piston ini salah satunya disebabkan oleh penekanan pada pedal rem mobil yang terlalu dalam.

5. Kondisi Velg Bagian Depan Penuh Debu

Tidak banyak orang yang tahu bahwa salah satu penyebab kampas rem menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya adalah karena keadaan velg bagian depan mobil yang penuh debu. Salah satu penyebabnya adalah karena kondisi sistem rem yang mengalami perbedaan. Adapun tipe rem yang lebih berpotensi kotor adalah rem cakram sebab ini adalah tipe rem yang terbuka. Oleh sebab itu, debu rem yang dihasilkan pun lebih banyak dan masuk ke dalam velg mobil. Debu itu berasal dari Kampas Rem Mobil yang terus-menerus bergesekan dengan piringannya dan mengalami pengikisan. Kikisan tersebut akhirnya menjadi debu yang melekat pada komponen lain yang ada di sekitar komponen rem itu. Ini berarti, jika debu pada velg semakin tebal maka Kampas Rem Mobil pun semakin tipis.

Adapun kisaran harga Kampas Rem Mobil orisinal adalah satu juta lebih. Untuk jasa pemasangannya lebih kurang 250 ribu sehingga saat kampas rem Anda tipis, Anda harus siapkan dana sebesar 555 ribu agar pengereman kembali normal seperti biasa.