Cara Ampuh Mengatasi AC Mobil Bunyi

by -17 views
ac mobil bunyi

Jika membicarakan komponen penting yang dimiliki dalam mobil, kompresor merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting terutama untuk AC mobil bunyi. Hal ini juga yang menjadi alasan utama, mengapa kompresor harus membutuhkan perhatian yang khusus. Banyak alasan mengapa terkadang kompresor memiliki masalah.

Tentunya dalam hal ini adalah hal yang wajar, apalagi jika memang mobil sudah digunakan selama bertahun-tahun dan akan membuat kompresor menjadi haus. Hal ini juga yang menjadikan alasan, mengapa harus di lakukan perawatan yang rutin. Banyak yang menyebabkan masalah kompresor pada AC. Namun yang paling sering terjadi adalah masalah ac mobil bunyi.

Dalam hal ini ac mobil bunyi akan mengeluarkan suara yang berisik dan cukup mengganggu. Walaupun ac mobil dingin, namun jika mengeluarkan suara tampaknya akan cukup mengganggu. Berikut ini info lebih jelas mengapa dan bagaimana cara memperbaiki kompresor ac mobil bunyi.

Penyebab ac mobil bunyi kasar

1. Oli pada kompresor ac yang kurang

Penyebab pertama yang akan menjadi pusat perhatian oleh teknisi adalah, oli yang dimiliki kompresor kurang. Dalam hal ini, oli pada kompresor merupakan bagian yang penting. Oli ini akan memiliki fungsi untuk menjadi pelumas agar ac tidak cepat panas. Jika ac mobil kekurangan oli, maka kerja yang dimiliki ac akan lebih berat dan membuat ac mobil bunyi.

2. Piston yang sudah aus

Untuk anda yang memang sudah menggunakan mobil selama bertahun-tahun, hal ini adalah hal yang wajar terjadi. Piston atau silinder yang aus, tentunya akan membuat kompresor ac mobil bunyi.

3. Adanya kebocoran pada saluran yang dimiliki ac

Penyebab lain dari ac mobil bunyi adalah, adanya kebocoran yang terjadi pada saluran ac. Dalam hal ini, tentunya akan membuat refrigerant habis. Jika habis, maka akan menimbulkan gerakan yang terjadi pada piston dan juga bola yang berada di dalamnya semakin kencang dan membuat ac mobil bunyi.

Cara memperbaiki kompresor ac mobil bunyi

1. Cara pertama untuk mengatasi kompresor ac mobil bunyi kasar adalah dengan selalu memperhatikan rembesan oli. Dalam hal ini, anda juga akan mengetahui apakah ac mengalami kebocoran atau tidak. Anda dapat mengucurkan air sedikit demi sedikit dengan air sabun, di titik yang mengalami kebocoran.

2. Cobalah untuk membersihkan komponen kompresor itu sendiri. Memang dalam hal ini, maka ada kemungkinan bahwa bearing yang dimiliki berkarat. Anda dapat menggunakan antikarat, atau bahkan anda dapat menggunakan amplas halus untuk membersihkannya.

3. Cobalah untuk melakukan penggantian kompresor. Dalam hal ini, salah satu hal yang membuat kompresor ac mobil bunyi adalah dengan kompresor yang mengeras. Anda dapat mengganti komponen yang sudah mengeras, agar tidak menjadi penyebab kompresor ac mobil bunyi kasar.

4. Cobalah untuk mengganti kompresor ac. Dalam hal ini, untuk anda yang ingin memperbaiki kompresor ac mobil bunyi dengan cara diatas namun tidak berhasil dapat menggantinya dengan cara ini. Anda dapat melakukan penggantian ini, jika ac mobil bunyi dan sudah mengalami kerusakan ac yang semakin parah.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab kompresor ac mobil bunyi kasar, atau bagaimana cara mengatasi kompresor ac mobil bunyi. Memang banyak hal yang membuat ac mobil bunyi, namun anda dapat menggunakan cara diatas, agar ac mobil anda kembali berfungsi dengan baik.