AC Mobil Tiba-tiba Tidak Dingin? Kenali Dulu Penyebabnya

by -8 views
AC Mobil Tiba-tiba Tidak Dingin

AC merupakan elemen yang sangat penting untuk berkendara mobil. Karena itulah, ketika AC mobil tiba-tiba tidak dingin, tentu Anda harus cepat-cepat mengenali penyebabnya. Akan sangat tidak nyaman kalau selama perjalanan Anda mengalami kepanasan karena AC mobil panas. Kalau dilihat dari kondisi umumnya, mungkin Anda tidak melakukan perawatan atau pembersihan secara rutin.

Tapi tetap saja, Anda harus mengecek seluruh kondisi mesin, karena bisa saja penyebab AC tidak dingin akibat dari komponen ada yang rusak atau bocor. Kalau Anda sudah mulai mendengar suara yang tidak biasa, seperti bunyi bising ketika AC dinyalakan, berarti AC tersebut rusak atau bermasalah.

Anda bisa memeriksa terlebih dahulu di komponen motor kipas pendinginnya apakah fungsinya masih bagus atau tidak. Bagian tersebut mempunyai masa pakai, yakni sekitar kurang lebih 3 tahun, tapi masih tergantung dari bagaimana Anda memakainya. Meskipun Anda ingin menggantinya, pastikan jangan memasangnya terbalik, karena akan membuat AC mobil tidak dingin.

AC Mobil Panas? Mungkin Ini Penyebabnya

Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, AC mobil tiba-tiba tidak dingin juga bisa disebabkan oleh adanya komponen yang tidak berfungsi dengan baik. Komponen seperti kipas kondensor, blower, evaporator, kompresor, dan yang lainnya, bisa menjadi penyebab AC tidak dingin.

Setiap komponen tersebut pastinya mempunyai masa pakai yang berbeda-beda. Ketika masa pakainya habis, Anda harus segera menggantinya agar menghindari AC mobil tidak dingin. Lakukan pengecekan secara intensif untuk mengetahui sampai mana fungsinya masih berjalan dengan baik.

Kabin filter dan radiator menjadi 2 komponen yang debunya sering menumpuk. Padahal, semakin banyaknya debu yang menumpuk, maka akan menyebabkan AC mobil panas. Untuk menghindari penumpukan itu, ada baiknya Anda membersihkannya setiap 1 bulan sekali. Bahkan ketika sudah kotor pun meskipun belum sebulan, Anda juga sudah harus membersihkannya.

Kalau Anda melakukan perawatan secara rutin, maka Anda tidak akan mengalami AC mobil tiba-tiba tidak dingin yang membuat Anda tidak nyaman saat berkendara.

Masih ada lagi beberapa penyebab AC tidak dingin seperti di bawah ini.

  1. Magnetic Clutch

    Tanda-tanda magnetic clutch rusak yaitu saat jalanan lancar, AC berfungsi normal dan dingin, tapi ketika jalanan macet, AC mobil tiba-tiba tidak dingin. Hal itu disebabkan karena melemahnya magnet dan mesinnya yang sangat panas membuatnya harus mati sementara waktu. Tapi umumnya kalau rusaknya masih tahap awal, bisa menyala lagi saat mobil melaju. Ketika mobil sudah jalan, ruang mesin akan mendapatkan lebih banyak sirkulasi angin, sehingga mesin tetap dingin.

  2. Cooling fan atau kipas radiator mati

    Kipas pendingin atau ekstra fan mati, panas yang dibuang dari kondensor tidak akan berjalan sempurna, sehingga tekanannya menjadi sangat panas, bahkan sampai overheat. Kalau dibiarkan terus menerus, kinerja kompresor akan semakin menurun dan AC mobil menjadi tidak dingin lagi.

  3. Freon berlebihan

    Kalau freon sudah melebihi batasnya, tekanan akan menjadi sangat tinggi yang berimbas overheat. Kondisi itulah yang membuat kompresor kepanasan dan penyebab AC tidak dingin. Tidak jarang freon yang berlebihan karena lalainya orang bengkel yang kurang tahu mengenai AC mobil. Sering kali mereka menambahkan freon karena dianggap kurangnya freon.

  4. Komponen AC ada yang mampet

    Mampet pada komponennya juga menjadi alasan kenapa AC mobil tiba-tiba tidak dingin. Dryer filter, expansi valve, serta kondesor menjadi komponan yang paling umum terjadinya kemacetan sistem. Ketika ketiga komponen tersebut mampet, maka sirkulasi freon akan terhambat, sehingga AC mobil tidak dingin.

  5. Kompresor aus

    Gejala yang muncul karena kompresor aus adalah adanya bunyi bising dan sight glass tampak menghitam. Kalau Anda tidak menggantinya, maka dryer filter serta expansi valve akan tersumbat.

  6. Evaporator kotor

    Jika komponen evaporator kotor akibat debu yang terlalu banyak menumpuk, aliran udara yang ada di dalam mobil akan mampet dan anginnya menjadi semakin kecil. Agar tidak terjadi penumpukan debu yang terlalu cepat, ada baiknya Anda pasang kabin filter. Dengan begitu, evaporator menjadi lebih bersih dan awet.

  7. Sistem AC ada yang bocor

    Penyebab AC tidak dingin umumnya karena sistemnya ada yang bocor. Kebocoran yang paling sering dialami terjadi pada bagian evaporator atau kondensor. Tidak jarang juga kebocoran tersebut terjadi di sambungan seal O-ring serta komponen yang lain.

  8. Listrik terganggu

    Ada beberapa komponen AC yang perlu dijalankan memakai listrik, seperti kipas, kompresor, serta blower. Kalau Anda sudah merasakan AC mobil tiba-tiba tidak dingin, bisa jadi penyebabnya adalah ketiga komponen tersebut tidak berfungsi normal karena adanya aliran listrik yang terganggu atau terputus.

  9. Overheat

    Seperti yang sudah sempat dibahas di atas, ada beberapa komponen yang bisa menyebabkan mesin kepanasan atau overheat. Hal tersebut terjadi karena adanya radiator yang tersumbat atau bocor, thermostat radiator tidak berfungsi dengan baik, atau waterpump rusak. Efeknya tentu akan langsung Anda dapatkan, yaitu AC mobil panas.

  10. Fanbelt putus

    Ketika komponen fanbelt terputus, maka puly kompresor tidak bisa terhubung dengan baik ke bagian putaran mesinnya. Hal itulah yang membuat AC mobil tiba-tiba tidak dingin.

Dari beberapa penyebab AC tidak dingin di atas, Anda pasti sudah lebih paham dan tidak sembarangan lagi menganalisanya. Pastikan Anda sudah mengecek semua komponen yang menyebabkan AC mobil tiba-tiba tidak dingin. Mulailah dari komponen AC, lalu ke bagian mesin yang mengakibatkan overheat. Cari tahu sedini mungkin agar terhindar dari kerusakan AC yang menyeluruh.