Penting! Ketahui AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

by -22 views
AC Tidak Dingin Hanya Keluar Angin

Mungkin kamu sering kesal ketika AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. Kemudian kamu bertanya-tanya, apa penyebabnya, mengapa AC tidak dingin hanya keluar angin? Hal tersebut sudah pasti sangat mengganggu ketika kamu mengendarai mobilmu, apalagi ketika cuaca sedang sangat terik dan panas. Jadi, apakah ada solusinya? Tentu ada solusinya. Mari ulas bersama mengenai penyebab dan solusi menangani AC mobil tidak dingin.

Beberapa Alasan AC Mobil Hanya Keluar Angin Saja

  1. Kondisi Kotor pada Filter Kabin

    Ketika filter kabin dalam keadaan kotor, sirkulasi udaranya jadi terhambat. Hal tersebut menyebabkan AC tidak dingin hanya keluar angin. Solusinya, kamu sebaiknya selalu mengganti filter kabin setiap penggunaan di jarak 16.000 km, memberi pencegahan pada AC mobil tiba-tiba tidak dingin dan masalah lainnya.

  2. Belt Putus yang Menyebabkan Puli Kompresor Tidak Mau Berputar

    Kompresor memiliki sabuk penghubung yang disebut belt. Belt ini fungsinya sebagai penggerak puli di kompresor, sekaligus menghubungkan kompresor dengan pompa air, power steering, kipas pendingin, dan juga alternator. Ketika belt terputus, mudah sekali terjadi overheating atau panas berlebihan. Sebab, kipas pendingin yang ada diradiator maupun pompa air sudah tidak berfungsi, lalu terjadilah overheating, dan mobil pun mogok. Biasanya, belt bisa putus karena ada keretakan, sehingga kamu harus sering mengeceknya untuk mencegah.Belt yang putus juga bisa berakibat pada AC mobil tidak dingin hanya keluar angin. Sebab, proses pendinginan yang seharusnya untuk freon AC di avaporator tidak terjadi. Proses pendinginan tersebut juga dilakukan oleh kipas pendingin radiator. AC mobil tiba-tiba tidak dingin juga biasanya ditandai dengan indikator gambar baterai yang terpampang di dashboard. Indikator tersebut menyala karena aki mobil tidak mendapat suplay listrik dengan semestinya.

  3. Selang Bocor dan Freon Habis

    AC tidak dingin hanya keluar angin juga bisa disebabkan karena kehabisan freon. Padahal, freon ini sifatnya terus mengalir, dan seharusnya tidak habis begitu saja. Alasan freon habis sudah pasti karena ada kebocoran pada selang. Ketika freon habis maka tidak ada gas yang bisa dikeluarkan, dan AC mobil hanya keluar angin saja.

  4. Kerusakan Pada Magnetic Clutch

    AC mobil panas hanya keluar angin juga kemungkinan karena ada kerusakan pada magnetic clutch. Komponen ini terletak di kompresor, dan biasanya gulungan spulnya rusak karena adanya arus pendek.

  5. Kerusakan Thermistor AC

    Ada lagi kerusakan yang membuat AC tidak dingin keluar angin, yaitu karena rusaknya terminal resistor(thermistor). Thermistor sendiri berfungsi sebagai pengukur suhu, ketika thermistor mati maka evaporator membeku. Kerusakan pengaturan suhu yang seharusnya dikeluarkan kompresor membuat AC mobil hanya keluar angin saja.

  6. Sekring AC yang Terputus

    Masalah AC tidak dingin hanya keluar angin juga bisa diakibatkan oleh sekring AC yang terputus akibat arus pendek. Jika sudah begitu, penanganan terbaik adalah dengan membawanya ke petugas service yang profesional.

  7. Resistor Variabel Rusak

    Kerusakan AC sehingga membuat AC tidak dingin keluar angin, memang sebagian besar karena kelistrikan. Salah satunya ketika resistor variabel yang berada di skalar switch on/off mengalami kerusakan.

  8. Kompresor Mengalami Aus

    Biasanya, kompresor yang aus terindikasi dengan adanya suara-suara gesekan aneh. Gesekan yang tidak normal membuat sight glass menghitam, receiver drier dan katup ekspansi tersumbat, akibatnya bisa kepada AC mobil panas hanya keluar angin.

  9. Suhu Pada Mesin Sangat Tinggi

    Ternyata, pemakaian atau penggunaan mobil terlalu lama juga dapat menyebabkan AC mobil tiba-tiba tidak dingin, atau AC mobil panas keluar angin. Sebab, mesin menjadi panas dan akhirnya overheat. Disarankan ketika berkendara jauh, jangan terlalu memforsir mobil. Sekali-kali berhentilah untuk mendinginkan mesin.

  10. Lebarnya Celah Centerpiece

    Masih berkaitan dengan suhu mesin yang tinggi, ternyata bisa menyebabkan celah centerpiece melebar. Hal tersebut karena magnet tidak sanggup lagi menarik centerpice disebabkan suhu yang panas tersebut. Dampaknya, AC mobil tidak dingin.

  11. Evaporator yang Terlalu Kotor

    Evaporator yang kotor ternyata juga dapat membuat AC mobil tiba-tiba tidak dingin, sebab udara yang seharusnya bisa disalurkan terhambat kotoran tersebut. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk melakukan perawatan evaporator secara berkala. Namun, harus dibantu tenaga ahli.

AC mobil adalah salah satu yang sangat membantu kita ketika berada dalam mobil, sebab membuat udara di dalam lebih sejuk dan kita pun lebih nyaman. Ketika AC mobil hanya keluar angin saja dan tidak mengeluarkan udara sejuk, kenyamanan pun pasti akan terganggu. Terlebih kita hidup di negara tropis yang sering panas.

Apabila AC mobil panas, memang sebaiknya segera diserviskan ke bengkel, karena siapa tahu ada gangguan lain yang perlu segera diperbaiki. Lagi pula, AC tidak dingin hanya keluar angin juga sangat mengganggu kenyamanan berkendara.