Akibat Lemahnya Kipas Radiator Mobil yang Harus Anda Hindari

by -497 views
kipas radiator mobil

Barang yang anda miliki haruslah dirawat sesuai dengan apa yang dianjurkan agar barang tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu hal yang harus anda perhatikan kondisinya adalah kendaraan bermotor seperti mobil. Ada banyak sekali komponen atau bagian yang dibutuhkan agar sebuah mobil bisa berguna sesuai dengan fungsinya. Tiap komponen penyusun mesin mobil harus dirawat sedemikian rupa agar terhindar dari kerusakan dini. Salah satu komponen yang memegang peranan cukup penting adalah kipas radiator mobil.

Kipas radiator mobil berfungsi untuk mendinginkan mobil ford yang panas akibat digunakan dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Kipas radiator pada mobil zaman dahulu akan tersambung dengan pulley mesin yang menggunakan V belt atau sabuk V. Sedangkan pada mobil zaman sekarang, karena sudah mendapat banyak modifikasi akibat perkembangan teknologi, kipas radiator bisa diputar menggunakan motor listrik. Namun, dibalik efisiensi yang diberikan, ternyata ada beberapa kendala yang kerap timbul dari kipas radiator yang digerakkan oleh tenaga listrik, lho.

Ada beberapa ciri kipas radiator lemah yang menunjukkan bahwa kipas radiator tidak bekerja sesuai dengan fungsinya. Pertama bisa dari suara berisik yang ditimbulkan, kedua kipas berputar dengan kekuatan yang lemah dan selanjutnya kipas sama sekali tidak menunjukkan perputaran. Lantas apa akibat yang ditimbulkan?

Ciri Kipas Radiator Lemah #1

Mesin mobil mengalami overheat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kipas radiator bertugas untuk membuat mesin dalam suhu normal. Bila mesin sudah panas, kipas radiator akan bekerja untuk menetralkan suhu dengan cara mendinginkannya. Apakah sudah terbayang bagaimana jadinya bila kipas radiator tidak berfungsi? Tentu saja mesin akan menjadi overheat karena sama sekali tidak ada yang mencoba untuk mendinginkannya.

Ciri Kipas Radiator Lemah #2

Muncul bunyi lain saat mesin dihidupkan alias mesin ngelitik

Pernahkah anda mendapati sebuah kendaraan yang memunculkan suara aneh ketika mesinnya dihidupkan? Hal tersebut biasa disebut dengan mesin ngelitik atau dalam istilah permesinan dinamai dengan engine knocking. Engine knocking terjadi karena mesin terpaksa melakukan pemanasan dini. Tentu saja hal ini sangat tidak baik bila dibiarkan karena akan mengganggu kondisi mesin.

Ciri Kipas Radiator Lemah #3

AC terasa kurang dingin

Freon adalah bahan yang digunakan agar AC bisa terasa dingin. Banyak atau sedikitnya freon AC yang dikeluarkan di dalam mobil dipengaruhi oleh cepat atau lambatnya putaran kipas radiator. Bila kipas radiator bisa berfungsi dengan baik, tentu saja jumlah freon yang bisa dikeluarkan juga tidak akan mengalami masalah. Namun, bila kipas radiator mobil memiliki kendala, freon AC yang harusnya dikeluarkan juga tidak bisa diembuskan secara maksimal.

Dari ciri kipas radiator lemah yang telah dijelaskan, tentu saja anda harus segera membenahi kerusakan tersebut. Kerusakan kipas radiator akan berakibat fatal pada kondisi mesin mobil. Namun, bila tanda yang telah disebutkan sebelumnya masih terlalu luas sehingga tidak nampak apakah memang kipas radiator mobil anda bermasalah, anda bisa menggunakan cara lain yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan menghidupkan mesin mobil dan menghidupkan AC seperti biasa. Setelah anda melakukannya, silakan untuk membuka kap mobil
  • Perhatikan putaran kipas radiator mobil dan embusan yang dihasilkan olehnya. Biasanya kipas radiator tidak akan hidup dalam posisi yang konstan. Ada beberapa jeda yang dilakukan.
  • Setelah itu, putar tombol AC sampai ke batas maksimal, lalu perhatikan lagi apakah ada perubahan yang terjadi bila dibandingkan dengan mode sebelumnya.
  • Menggunakan cara ini memang tidak bisa dilakukan dengan tangan kosong. Hal tersebut disebabkan subjektivitas yang dimiliki oleh tiap manusia. cara yang mungkin bisa anda lakukan adalah dengan mempraktikan cara yang telah disebutkan beberapa kali.
  • Selain memerhatikan perputaran kipas radiator mobil, anda juga bisa memerhatikan apakah ada bunyi lain yang disebabkan oleh kipas radiator. Kipas radiator yang baik tidak akan memunculkan bunyi berisik. Bunyi berisik muncul bila kipas radiator sedang mengalami masalah.
  • Selain hal di atas, anda juga harus memerhatikan kondisi listrik mesin mobil anda. Jangan sampai sumber masalahnya justru ada pada kelistrikan mobil.
[/su_service]

Setelah mengetahui berbagai macam tanda yang disebabkan oleh kerusakan kipas radiator mobil, ada baiknya bagi anda untuk segera membawa mobil anda ke bengkel agar mobil anda segera mendapat perawatan yang semestinya.