Kenalan Dulu Apa Itu ABS dan EBD Mobil

by -7 views
apa itu abs

Pada kendaraan mobil, sering kali kita membaca spesifikasi ABS dan EBD. Keduanya memang dipakai untuk keselamatan mobil dan dipakai untuk memaksimalkan sistem pengereman, sehingga kecelakaan bisa terhindarkan. Tidak hanya fungsi ABS dan EBD saja yang penting, tapi masih ada BA untuk keamanan berkendara. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya apa itu ABS dan kedua komponen lainnya tersebut di bawah ini.

Pengertian ABS

Apa itu ABS? ABS adalah Antilock Brake System yang merupakan sistem keamanan untuk menghindari roda mobil terjadi selip ketika roda sedang mengerem atau pun melaju di jalan yang licin. Roda selip sangat berbahaya karena meski sudah direm, tetap saja roda berputar tidak berhenti. Kondisi itu biasanya kita alami ketika pedal rem terinjak secara keras saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Fungsi ABS yaitu untuk menghentikan sementara waktu daya pengereman yang dilakukan saat roda sudah terdeteksi terjadi lock. Lalu, daya tersebut dikembalikan ketika sudah tidak dalam kondisi terkunci.

Kalau dilihat dari sistem pengereman pada umumnya, minyak rem yang dihasilkan oleh master cylinder akan menyalur ke bagian kapiler. Jadi, ketika kita menginjak pedal rem, daya tekan kapiler dengan pedal rem sama. Tapi pada fungsi ABS, terdapat komponen ABS elektrik yang sudah dipasang pada bagian tengah jalur hidrolik yang berada di antara master cylinder dengan kapiler rem.

Pompa tersebut bisa langsung memutuskan tekanan pada proses pengereman ketika keadaan roda lock dan mengembalikannya ke posisi semula saat roda sudah bebas. Durasi untuk proses ini hanya mencapai 0,1 detik saja. Dengan kecepatan prosesnya, pasti kita tidak menyadarinya, padahal saat menginjak rem, fungsi ABS bisa saja sedang bekerja.

Kamu yang sudah paham mengenai pengertian ABS, tidak lengkap rasanya kalau membahas apa itu ABS tidak disertai dengan kelebihannya. Berikut beberapa keuntungan sistem ABS.

1. Mencegah roda tiba-tiba lock saat menginjak peda rem secara tiba-tiba

2. Mencegah roda mengalami selip saat melewati jalur yang licin

3. Mencegah roda mengalami selip saat melewati jalur yang penuh lumpur

Fungsi dan Prinsip Kerja EBD

Kalau kamu sudah paham apa itu ABS, kamu juga harus tahu fungsi dan cara kerja dari EBD. Pengertian ABS dengan EBD tidak berbeda jauh, yakni sistem yang mampu memberikan daya pengereman di tiap roda dengan dayanya yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kondisi bannya. Bisa dikatakan kalau adanya EBD bisa memberikan tekanan yang berbeda ketika pengereman sedang terjadi di bagian ban belakang mau pun depan saat kita injak rem yang cukup keras.

Meski pun cukup berbahaya, disitulah letak keamanannya. Saat mobil sedang melaju dengan cepat dan rem dilakukan mendadak, sebagian beban mobil pasti akan berpusat pada bagian ban depan, sehingga beban ban depan akan semakin lebih berat dibandingkan ban belakang. Kalau tidak begitu, maka tekanan pengereman tidak bisa dilakukan secara maksimal.

Dari penjelasan itu bisa terlihat kalau fungsi EBD mirip dengan fungsi ABS, yaitu mencegah roda terjadi selip. Tapi yang membedakannya juga adalah di sistem ini, terjadi pengaturan tekanan pengereman di bagian ban belakang agar beban tidak lebih besar, sehingga dapat mengimbangi beban-bebannya.

EBD berfungsi karena memakai control valve yang didukung solenid oil yang berada di bagian depan ABS pump.

Fungsi dan Prinsip Kerja BA

Selain mengenal apa itu ABS dan EBD, tidak lengkap rasanya kalau sistem pengereman mobil tanpa adanya BA. BA merupakan Brake Assist yang berfungsi sebagai media yang meringankan rem ketika pedal diinjak. Ketika mesin mobil sedang dalam keadaan mati, kamu yang menginjak pedal rem pasti akan merasakan pedal lebih keras atau berat. Kondisi itu bisa terjadi karena adanya sistem BA.

Adanya kevakuman intake manifold, membuat pedal rem akan kembali berfungsi normal ketika mesin mobil dihidupkan. Dari fungsinya tersebut, bisa dilihat kalau BA memiliki tugas yang berbeda dengan fungsi ABS. Komponen ini juga berbeda dengan EBD karena pada umumnya sudah tersedia langsung di mobil-mobil yang memakai komponen ABS dan non ABS.

Kesimpulan Pengertian ABS, EBD, dan BA

Dari penjelasan apa itu ABS di atas, pasti kamu bisa mengambil kesimpulan kalau fungsi ABS dan EBD termasuk komponen yang sangat penting dalam fitur keamanan berkendara. Keduanya sangat aktif untuk mencegah terjadinya hal-hal tidak diinginkan ketika melakukan perjalanan mobil. Kedua sistem ini juga menjadi acuan dalam pengembangan fitur keamanan lain, antara lain electronic stability control dan hill start assist.