Mengenal Apa Itu Immobilizer pada Mobil Beserta Cara Kerjanya

by -41 views
apa itu immobilizer

Berbicara mengenai mobil, mungkin ada yang ingin Anda ketahui dengan istilah immobilizer. Apa itu Immobilizer sendiri merupakan sebuah bentuk sistem keamanan mobil, yang bisa digunakan untuk melumpuhkan mobil ketika kunci yang digunakan untuk menghidupkan mesin bukan kunci yang sebenarnya.

Perlu diketahui, sistem immobilizer terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian transponder yang letaknya ada di anak kunci, immobilizer control unit receiver lampu indikator, UMOES Unit, dan ECM(Engine Control Modeul) atau PCM (Powertrain Control Module).

Seperti Apa Cara Kerja Immobilizer?
Ketika Anda memasukkan kunci kontak ke dalam ignition switch, lalu Anda putar ke posisi nyala(on), maka Immobilizer Control Unit Receiver akan segera mengirim sinyal kepada transponder yang ada di kunci kontak. Transponder yang sudah tertancap, kemudian mengirim sinyal balik yang isinya berupa kode. Kode ini dikirim melalui Immobilizer Control Unit Receiver ke ECM atau ke PCM.

Di ECM maupun PCM sendiri sudah ada kode yang telah terdaftar, sehingga ketika kode yang dikirim sesuai, kendaraan Anda akan langsung bisa dinyalakan. Namun, jika kode yang dikirim tidak dapat dikenali, kendaraan Anda akan tetap diam tanpa bisa dinyalakan.

Ketidaktahuan mengenai apa itu immobilizer ini memang cukup sering dialami beberapa orang yang memiliki mobil. Misalnya, Anda membeli mobil second, kemudian Anda diberi satu kunci untuk menjalankan mobil tersebut. Kemudian, karena khawatir kunci akan hilang sewaktu-waktu, Anda pun menggandakan kunci mobil tersebut untuk jaga-jaga.
Hanya saja, ketika kunci cadangan tadi digunakan, ternyata malah mobil tidak dapat distarter. Meskipun tidak dapat distarter, ternyata kunci bisa digunakan untuk membunyikan klakson dan menyalakan lampu. Anda pasti terheran-heran jika ada di posisi ini.

Sebenarnya ada kemungkinan lagi, bisa saja starter Anda memang rusak karena carbon brushnya habis. Carbon brush yang habis akan membuat starter tidak dapat dinyalakan. Namun, jika kemungkinan tersebut keliru, mungkin karena mobil Anda memakai remote. Sebab, mobil dengan remote biasanya lebih terproteksi. Mobil dengan remote tidak bisa distarter jika langsung dibuka menggunakan kunci kontak.

Akan tetapi, jika kemungkinan-kemungkinan di atas keliru, cobalah untuk menghidupkan mobil dengan kunci lama, bukan kunci cadangan. Jika mobil menggunakan apa itu immobilizer, maka kunci cadangan Anda tidak bisa digunakan untuk menghidupkan mobil karena tidak terdaftar.