Mengenal Arti Idle di Dalam Dunia Otomotif

by -78 views
arti idle

Anda mungkin pernah mendengar istilah idle yang disangkut pautkan dengan dunia otomotif, tetapi apakah sebenarnya istilah idle ini? Arti Idle sendiri merupakan istilah untuk menggambarkan keadaan ketika menggunakan energi yang sedikit, bisa juga dimaksudkan untuk kondisi yang pelan atau gerakan yang terasa kurang.

Inilah mengapa jika di dunia otomotif, idle sering digunakan untuk menyebut suatu keadaan stasioner atau pelan. Arti Idle dalam dunia otomotif juga memiliki istilah RPM idle, di mana menandakan bahwa putaran mesin yang normal tidak sedang ditekan pedal gas. RPM sendiri merupakan singkatan dari Revolutions per Minute, yang menggambarkan jumlah putaran setiap satu menit.

arti idle ford rpm

Rpm idle pun memiliki kondisi normal. Misalnya, rpm idle pada mesin mobil, angkanya antara 600 sampai 750rpm. Namun, putaran ketika idle sebenarnya tergantung dari karakter tiap mesin yang digunakan. Beberapa kendaraan ada yang memang dirancang atau disetting dengan 800 RPM sampai 900 RPM oleh pabrik yang membuatnya. Oleh sebab itu, antara mesin mobil satu dengan lainnya mungkin akan berbeda-beda settingannya. Arti idle

Istilah idle pun bukan hanya rpm idle, ada juga yang dinamakan idle up. Istilah idle up digunakan untuk menggambarkan kenaikan rpm idle. Kondisi ini biasa terjadi ketika mesin memperoleh beban tambahan. Misalnya ketika AC dinyalakan, lampu depan on, atau ketika setir diputar pada kendaraan dengan pompa power steering.
Tujuan adanya idle up adalah supaya mesin tidak seketika mati saat memperoleh beban tambahan pada saat pedal gas tidak digunakan.

Beberapa Komponen untuk Mengatur Putaran Idle
Apabila Anda memiliki mobil injeksi atau pun mobil efi, maka komponen yang bekerja menjadi pengontrol putara idle mesin biasanya adalah ISC(Idle Speed Control).

Electronic Throttle Control System

Namun, apabila Anda sudah menggunakan kendaraan paling anyar atau keluaran terbaru dengan teknologi baru. Biasanya ISC sudah jarang sekali digunakan. Arti idle Untuk menggantikan fungsi ISC, maka mobil keluaran baru biasanya menggunakan ETCS yaitu singkatan dari Electronic Throttle Control System. ISC maupun ETCS pada umumnya langsung dikendalikan oleh ecm atau ecu mesin.