,

Biaya Isi Freon AC Mobil Nggak Mahal tapi Jangan Asal Mengisinya

by -16 views
Biaya Isi Freon AC Mobil

Kapan sih waktu yang pas buat isi freon? Pertanyaan itu sering banget muncul di kalangan pengguna mobil apalagi yang masih pemula. Sebenarnya gampang saja memutuskan waktu buat mengisinya lagi karena kalau dirasa kurang dingin, artinya freon sudah mau habis. Biaya isi freon AC mobil termasuk murah tapi kamu juga harus jangan asal mengisinya.

AC mobil yang menjadi komponen paling penting buat kenyamanan pengguna mobil juga nggak bisa lepas dari masalah fungsinya. Masalah yang sangat umum terjadi pada AC yaitu kurang dingin atau nggak ada rasa dinginnya sama sekali saat AC dinyalakan. Penyebabnya sebenarnya ada banyak macam, tapi penyebab utamanya biasanya karena freonnya yang sudah habis.

Born Ford Tough berkerjasama dengan ADS AC Mobil, cukup tunjukkan surat kerjasama ini, untuk mendapatkan diskon 15%
Surat Kerjasama ADS

ADS AC Mobil
Jalan Haji Nawi Raya no. 2 RT.3/RW.1

Gandaria, Cilandak, Jakarta Selatan

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12420
Telepon: 0817-6688-773

Freon yang sudah habis biasanya nggak akan langsung diisi oleh pihak bengkel karena belum tentu habisnya freon terjadi secara alami. Bisa saja freon habis karena penyebab yang lainnya seperti ada kebocoran di dinding spare partnya. Pihak bengkel akan mengecek satu per satu bagian yang menyebabkan freon habis.

Kalau memang ada kebocoran di dinding komponennya, mekanik akan menyarankan kamu buat menggantinya yang baru. Tapi penyaranan itu perlu kamu lakukan kalau sudah parah rusaknya. Beda lagi kalau rusaknya masih bisa diakali. Mekanik akan melakukan penambalan pada bagian yang bocor kalau memang masih bisa ditambal.

Ada biaya berbeda lagi kalau kamu menambalnya. Biaya isi freon AC mobil tidak menjadi satu dengan biaya penambalan. Buat penambalannya nggak mahal-mahal kok, sekitar kurang lebih Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu saja, tapi masih tergantung tingkat kerusakannya ya.

Nah buat kamu yang mau isi freon, jangan asal langsung isi. Kamu harus tahu dulu kalau nggak semua jenis mobil punya tipe freon yang sama. Ada 2 tipe freon yang saat ini dipakai oleh produsen mobil yaitu R12 dan R134a. kedua freon itu punya fungsi masing-masing di mana freon R12 khusus buat jenis mobil yang sudah lama atau tua dan freon R134a hanya bisa dipakai buat mobil-mobil keluaran baru.

Kamu harus pastikan dulu jenis freon apa yang terpasang di mobil kamu. Pengisian yang nggak sesuai dengan jenis freonnya hanya akan menambah kerusakan pada sistem AC mobil kamu, apalagi kamu sudah mengeluarkan biaya isi freon AC mobil sehingga menjadi sia-sia saja pengeluarannya.

Sekedar informasi, beda tipe freon juga beda biaya pengisiannya, karena itu kamu harus memastikan tipe freon apa yang kamu pakai. Coba kamu tanyakan dulu atau langsung meminta mekanik bengkel memeriksa tipe freon kamu. Kalau sudah pasti tipe apa yang dipakai, mekanik bisa mengisi freonnya sesuai dengan jenis freon kamu.

Biaya isi freon AC mobil sebenarnya bervariasi nggak menentu. Ada yang memberikan harga pengisian Rp 100 ribu ada juga yang Rp 400 ribu. Tapi perbedaan biaya pengisian itu tergantung juga dari beberapa faktor tertentu. Mulai dari harga freonnya per tabung, merek AC, merek mobil kamu, sampai harga komponen tambahan lainnya yang bisa mempengaruhi biaya pengisian freonnya.

Tapi rata-rata orang akan menghabiskan kurang lebih Rp 300 ribu buat sekali pengisian. Nggak mahal kan? Kalau mahal mungkin ada biaya tambahan lainnya karena memang ada kerusakan lain pada mesin AC mobil kamu. Lama pengisian freon nggak memakan waktu lama, hanya sekitar 40 menit sudah termasuk cek kebocoran, tambal kebocoran kalau memang ada, vakum freon, serta isi ulangnya.

Pengisian ulang freon sebaiknya kamu lakukan kalau AC mobil mulai berasa nggak dingin dan penyebabnya memang karena kurang freon. Buat biaya isi freon AC mobil sendiri nggak termasuk mahal, bahkan yang paling murah dibanding spare part AC lainnya. Tapi harganya juga semakin mahal kalau ada kerusakan parah yang perlu diganti.