Begini Cara Kerja MAP Sensor pada Mesin Mobil Ford

by -70 views
MAP Sensor

MAP merupakan kepanjangan dari Manifold Absolute pressure. Salah satu penerapan MAP adalah pada mesin mobil Ford yang berguna untuk mendeteksi seberapa tingkat kevakuman yang terjadi pada intake manipol. Umumnya, kevakuman, tersebut disebabkan adanya hisapan yang terjadi pada mesin mobil ford yang selanjutnya di ubah menjadi nilai tegangan tertentu yang lantas di kirim ke bagian ECU mesin.

Alur selanjutnya setelah sampai di ECU mesin, informasi yang di dapat melalui tegangan output MAP sensor akan diteruskan ke bagian injector mesin. Tujuannya adalah agar mesin mendapatkan asupan bahan bakar yang sesuai dengan seberapa besar kebutuhan mesin. Dengan kata lain, saat mobil Ford Anda dilengkapi dengan MAP sensor, tujuannya adalah agar konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan mesin sekaligus tegangan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. Dalam keadaan tersebut, kondisi mesin kendaraan akan tetap bagus.

Bagaimana Cara Kerja MAP Sensor pada Mobil Injeksi Ford

MAP merupakan kepanjangan dari Manifold Absolute pressure. Salah satu penerapan MAP adalah pada mesin mobil Ford yang berguna untuk mendeteksi seberapa tingkat kevakuman yang terjadi pada intake manipol

MAP sensor dilengkapi dengan tiga terminal. Terminal itu masing-masing dihubungkan ke elemen ECU mesin. Perlu diketahui bahwa, dari ketiga kabel yang ada, tidak diperkenankan adanya konslet. MAP sensor ini berhubungan langsung dengan selang dan diarahkan menuju ke bagian intake manipol. Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, ada kendaraan yang masih bisa beroperasi saat selang tersebut terlepas dan ada yang off seketika. Hal itu bergantung dari ukuran lubang pada saluran manipol yang menuju ke arah MAP sensor.

Berikut fungsi dari ketiga terminal tersebut:

E2 berperan untuk minus ground

V2 merupakan 5 volt Dc yang beroperasi saat kunci kontak dalam keadaan hidup dan melalui regulator tegangan yang posisinya ada pada ECU.

PIM berperan dalam memberikan sinyal mengenai kondisi kevacuman yang terjadi pada intake manipol dan sekaligus tegangan yang dihasilkan dan yang berubah sesuai tingkat kevakumannya.

Catatan:

Besar nilai tegangan yang terdapat pada PIM dan MAP sensor mobil ford umumnya mendekati 5 volt ketika kendaraan dalam keadaan hidup. Selain itu, kondisi lain yang harus dipenuhi adalah katup gas dalam keadaan terbuka dan memberikan hentakan yang mendadak sehingga aliran bbm ke injector lebih banyak.

Tanpa adanya map sensor, mobil ford tetap bisa beroperasi. Sayangnya, tanpa MAP sensor konsumsi BBM cukup boros sebab pada kabel PIM nilai tegangannya mencapai 5 volt. Munculnya tegangan tersebut adalah dari sirkuit yang ada pada ECU. Saat mesin mobil hidup secara normal, tegangan yang dihasilkan cukup bervariasi mulai dari yang paling rendah adalah 1,5 volt hingga mencapai 5 volt.