Bagaimana Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar?

by -99 views
cara membersihkan mesin mobil

Saat sedang membersihkan mobil, sebaiknya Anda jangan mementingkan eksterior maupun interiornya saja, melainkan mesin mobil jangan sampai Anda lupakan, dengan cara membersihkan mesin mobil yang benar. Mesin mobil merupakan sistem yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan karena menjadi pusat kinerja mobil supaya bisa berjalan dan Anda pakai.

Karena itulah, supaya mesinnya awet dan tetap terawat, Anda harus menggunakan perhatian yang khusus pada mesin-mesinnya. Mesin mobil memiliki banyak resiko yang tidak bisa kita prediksi, seperti karatan yang akan membahayakan keselamatan berkendara Anda. Mobil yang kotor pun juga terkadang dikarenakan terkena tetesan oli, mesin yang panas, dan sebagainya.

Beberapa hal yang menjadi alasan dalam merawat mesin mobil sangat penting di antaranya adalah.

1. Mencegah adanya hambatan pada pelepasan panas yang terjadi pada mesin mobil yang terjadi karena adanya kotoran yang menumpuk, seperti oli yang menetes maupun debu yang sudah menempel lama di komponen mesin, AC, dan mesin radiator.

2. Mencegah aus pada komponen mesin yang lebih terbuka, seperti dinamo, belt AC, mesin pendingin, power steering, dan masih banyak lagi.

3. Meringankan kinerja kipas yang terdapat pada radiator dan mesin pendingin udara.

4. Menghindari terhambatnya kinerja konektor listrik supaya bisa tetap bekerja secara optimal karena tidak ada kotoran atau debu yang menempel.

Setelah mengetahu keempat alasan kenapa membersihkan mesin mobil sangat penting, maka Anda harus membiasakan dari sekarang untuk rutin merawat dan memperhatikan cara membersihkan mesin mobil kesayangan Anda. Lalu, bagaimana cara yang baik dalam melakukan perawatan pada mesin mobil, terutama soal mencucinya?

Pembersih Mesin Mobil

Saat kita mencuci mesin mobil, lebih baik jangan sembarangan karena caranya tentu saja berbeda dengan mencuci bodi mobil, apalagi perlengkapan pembersihannya tidak sama. Ada 2 jenis pembersih yang cocok dipakai untuk mencuci mesin mobil, yaitu engine clean dan engine dressing.

Engine clean dipakai ketika banyak kotoran-kotoran atau debu yang menempel pada mesin mobil. Sedangkan engine dressing digunakan kalau Anda ingin mengembalikan warna pada mesin mobil. Tapi, kalau Anda tidak ingin menggunakan alat pembersih tersebut tidak apa-apa karena masih alat pembersih lainnya yang bisa Anda pakai seperti berikut ini.

1. Minyak tanah atau engine degreaser

Tidak jarang pengguna mobil menggunakan solar sebagai pembersih mesinnya. Tapi, karena sifat zatnya yang gampang terbakar, lebih baik Anda menggunakan minyak tanah saja sebagai pembersih alternatifnya. Dengan harganya yang lebih murah, minyak tanah juga ampuh membersihkan mesin mobil dengan baik.

Tapi kalau membicarakan engine degreaser, tentu harganya lebih mahal dan dijual dalam kaleng aerosol. Jadi, kalau mencari yang ekonomis, lebih baik pilih minyak tanah saja.

2. Belt dresser

Jenis pembersih ini biasanya dijual dalam kaleng aerosol dan ampuh untuk membersihkan semua komponen rubber belt, misalnya saja Belt water pump, alternator, AC, dan masih banyak lagi yang lain.

3. Sabun colek

Selain untuk mencuci baju atau piring, sabun colek ternyata ampuh dalam membersihkan kotoran yang melekat pada mesin mobil, karena kekuatan pembersihannya sangat sangat kuat. Belum lagi harganya yang lebih ekonomis.

4. Cairan silikon

Jenis ini biasanya dipakai untuk membersihkan komponen yang berbahan karet agar tetap terjaga kelenturannya, seperti karet damper atau karet kap mobil.

Proses Mencuci Mesin Mobil

Kalau perlengkapan mencucinya sudah lengkap, langkap selanjutnya adalah membersihkan mesin mobil Anda. Tentu Anda harus menggunakan cara yang benar agar tidak merusak komponen mesin. Berikut cara-caranya.

Tips Cara Membersihkan Mesin Mobil #1
Bersihkan di Bagian yang Mudah Dulu

Pertama-tama, ada baiknya kalau Anda membersihkan di komponen yang paling mudah dijangkau dan terlihat terlebih dahulu. Anda bisa memulainya dari kap mobil di bagian bawah. Anda bisa menyemprotnya dengan air. Tapi ingat, jangan pernah menyemprotnya dengan semprotan yang tekanannya lebih tinggi.

Untuk pembersihnya, Anda bisa memakai sabun colek atau krim. Oleskan saja pada bagian bawah kapnya, lalu sikat dengan menggunakan sikat yang cukup kasar, dan semprot secara perlahan. Sabun colek mampu membersihkan kotoran yang menempel seperti tumpahan oli secara efektif.

Tips Cara Membersihkan Mesin Mobil #2
Jangan Dibiarkan Mengering

Kalau Anda sudah menyemprotnya atau membilasnya dengan air, segera keringkan dengan lap pengering. Jika dibiarkan terus menerus, nantinya bisa mengakibatkan mesin mobil tertinggal bekas airnya. Pakai kain yang mudah menyerap air ketika Anda sedang mengeringkannya.

Tips Cara Membersihkan Mesin Mobil #3
Mencuci Ruang Mesin Mobil

Mencuci di bagian ruang mesin mobil jangan dilakukan sembarangan. Semprotkan saja terlebih dahulu ke bagian mesinnya. Tapi diingat juga kalau pastikan Anda sudah menutup semua katup mesin agar air tidak masuk ke dalamnya. Kalau Anda tidak ingin menyemprotnya menggunakan selang, Anda bisa memakai botol spray.

Mulailah dari bagian belakang mesin dan dilanjutkan ke depan mesin mobil. Di bagian yang cukup sulit dijangkau, Anda bisa memakai kuas atau spons untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Tips Cara Membersihkan Mesin Mobil #4
Membersihkan Radiator

Membersihkan Radiator

Bagian ini sudah mulai cukup sulit dan harus berhati-hati saat membersihkannya. Buka grill-nya terlebih dahulu, lalu semprot di bagian yang ada nodanya. Diamkan saja 10 menit lalu dengan memakai kuas, sapukan pembersih engine degreaser-nya. Kalau sudah, bilaslah dengan air sampai bersih. Usahakan langsung dikeringkan supaya tidak tertinggal jejak airnya lagi.

Tips Cara Membersihkan Mesin Mobil #5
Bersihkan Bagian yang Banyak Kerak

Untuk mesin mobil yang punya banyak kerak dan sulit dibersihkan, ada baiknya kalau Anda memakai pembersih khusus untuk menghilangkannya. Anda bisa mencarinya di pasaran dan gampang ditemukan. Kalau di mesin yang sulit dijangkau, pakai kuas saja dan proses pembilasannya bisa menggunakan spray khusus atau selang dengan tekanan yang rendah.