Cara Memilih Bengkel Ford Non Resmi Berkualitas

by Share Tweet

Bagaimana Cara Memilih Bengkel Ford yang Non Resmi tapi Tetap Berkualitas?
Perawatan merupakan hal terpenting yang wajib dilakukan setiap pemilik kendaraan, baik itu roda 2 maupun beroda 4. Anda sebagai pemilik mobil, mungkin akan membutuhkan banyak perawatan karena mesin mobil sendiri lebih kompleks dan cenderung lebih mudah terkena kerusakan, seperti tergores, mesin panas, dan sebagainya.

Agar perawatannya lebih bisa dipercaya, kebanyakan dari pengendara, khususnya pemilik mobil, memilih bengkel resmi adalah keharusan. Tempat yang resmi dianggap memiliki staf yang lebih profesional, sehingga semuanya bisa menjadi semakin terjamin. Namun, bagaimana kalau mobil-mobil tertentu, seperti Ford sudah tidak ada bengkel resminya lagi di Indonesia?

Ya, Bengkel Resmi Ford yang legal saat ini sudah tidak banyak yang beroperasi lagi di tanah air, sejak ditarik beberapa tahun yang lalu. Tapi, bukan berarti pemilik kendaraan roda 4 tersebut tidak bisa membawanya ke bengkel, karena masih terdapat tempat-tempat yang memang bukan secara resmi bisa memperbaikinya. Jadi, bagi Anda yang memiliki mobil Ford, tidak perlu khawatir karena kendaraan kesayangan Anda masih bisa tetap dirawat dan diperbaiki.

Tips Memilih Bengkel Ford Non Resmi yang Berkualitas

Meskipun mobil-mobil Ford bisa diperbaiki di bengkel non resmi, tapi masih banyak orang yang tidak mempercayai keahliannya. Bukan hanya karena faktor legalitasnya, keaslian mesin maupun spare part-nya pun juga masih dipertanyakan. Bagi Anda yang masih ragu dengan bengkel yang tidak sah dari vendor aslinya, ikuti saja beberapa tips ini.

1. Perhatikan tempatnya

Hal yang pertama yang bisa Anda bandingkan apakah tempat tersebut berkualitas atau tidak adalah dengan memperhatikan bengkelnya. Anda bisa melihatnya dari fasilitas dan fitur-fiturnya yang tersedia. Biasanya, fasilitas yang baik memiliki ruang tunggu yang bersih dan nyaman, suku cadang yang ditawarkan dari berbagai macam produk sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan tipe Ford Anda.

Bengkel Ford Jakarta Selatan yang tidak resmi misalnya, biasanya tidak memiliki lisensi yang jelas. Jadi, perhatikan saja beberapa hal di tempat yang ingin pilih, apakah stafnya bisa menjawab kerusakan atau permasalahan yang mobil Anda alami.

2. Sistem kerjanya tidak sembarangan

Anda harusnya bisa menilai apakah bengkel yang Anda pilih berkualitas atau tidak dari sistem kerja para stafnya. Jika tempat tersebut terpercaya, para karyawannya tidak diperbolehkan menggunakan sistem kerja yang sembarangan, misalnya memakai peralatan atau mesin yang tidak seharusnya.

Anda yang tinggal di daerah lain pun, seperti di Bekasi yang sedang mencari bengkel Ford Bekasi juga tidak boleh sembarangan menggunakan cara kerja para montir dan karyawan lainnya yang terkadang asal-asalan. Mobil Ford memiliki mesin yang cukup kompleks dan cukup berbeda dengan vendor lainnya, sehingga keahlian khusus sangat diperlukan.

3. Tarifnya perlu dicek

Setiap bengkel non resmi juga memerlukan kesesuaian harga mesin dengan jenis permasalahan mobilnya. Maka dari itu, cek dan bandingkan saja beberapa bengkel agar Anda bisa lebih memahami tarif pasarannya. Mungkin di setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda, seperti bengkel Ford Bandung yang bisa saja tarifnya lebih mahal dibandingkan tempat lainnya.

4. Bertanya pada kenalan Anda

Jika Anda sulit mencarinya sendiri, tidak ada salahnya bertanya pada kerabat Anda, seperti keluarga ataupun teman. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui tempat Ford mana yang selalu ramai, bisa dipercaya, dan bertanggung jawab. Jangan lupa mintalah mereka semua informasi mengenai bengkel tersebut.

Mungkin Anda akan mendapatkan informasi keunggulan maupun kekurangannya yang berbeda di tiap tempatnya, misalnya saja bengkel Ford Surabaya yang ada di lokasi tertentu menyediakan spare part yang Anda butuhkan, tapi yang lain tidak. Anda bisa saja memilih bengkel tersebut, asalkan sesuai dengan budget Anda, ya.

5. Pastikan pengalamannya mencukupi

Hal yang wajib Anda pertanyakan pada bengkel pilihan Anda adalah pengalaman para montirnya. Anda yang berada di daerah Tangerang dan sedang mencari bengkel Ford Tangerang atau di kota lainnya wajib menanyakan serta mengetahui jam terbangnya dan mempunyai ford workshop manual

Kalaupun memilih jam terbangnya sedikit, Anda bisa mengecek hasil kerja yang pernah mereka lakukan.

Apakah Anda sudah lebih memahami cara mencari bengkel non resmi yang berkualitas? Memang ada banyak sekali bengkel Ford Jakarta dan kota lain yang tidak memiliki lisensi sah, tapi dengan mengikuti tips di atas, tentu Anda akan mendapatkan tempat yang bisa Anda percayai untuk perawatan kendaraan kesayangan Anda tersebut.