9 Cara Mengganti Kampas Rem Cakram Mobil yang Tepat dan Benar

by -2 views
Cara mengganti kampas rem cakram

Cara mengganti kampas rem cakram mobil ternyata belum banyak diketahui oleh para pemilik mobil. Padahal mengetahui cara melakukan pergantian kampas rem cakram tersebut cukup penting. Hal ini bisa membuat anda tenang jika sewaktu-waktu kampas rem cakram anda sedang bermasalah dan anda juga lebih hemat biaya pengeluaran dibandingkan dengan membawa mobil anda ke bengkel.

Cara mengganti kampas rem cakram mobil

Untuk yang penasaran bagaimana cara mengganti kampas rem cakram mobil, maka hal pertama yang wajib anda persiapkan adalah dengan menyediakan beberapa alat dan bahan yang anda butuhkan. Alat-alat yang digunakan untuk memasang dan mengganti kampas rem cakram tersebut tidaklah sulit anda temukan.
Seperti anda bisa mempersiapkan dongkrak portable, kunci ring 14-12 atau 14-17, kunci roda, brake piston pressing tool jika ada dan satu set kampas rem cakram yang baru. Setelah bahan-bahan tersebut sudah anda persiapkan, langsung saja simak cara mengganti kampas rem cakram mobil yang tepat dan benar dibawah ini.

  1. Dongkraklah mobil hingga terangkat

    Cara memasang kampas rem cakram yang pertama adalah anda bisa melakukan pendongkrakan terlebih dahulu pada roda mobil anda. Dongkraklah roda mobil hingga terangkat ke atas. Untuk melakukan hal ini, ada baiknya anda memang sudah ahli karena jika anda tidak ahli maka bisa menyebabkan masalah lainnya.
    Ini sangat penting mengetahui cara mendongkrak sebelum berlanjut ke pembahasan cara mengganti kampas rem cakram mobil. Sebenarnya yang terpenting ketika anda sedang melakukan dongrak mobil adalah terdapat pada tumpuannya. Anda harus memilih jenis tumpuan pada frame.. Untuk melepas rodanya, anda bisa meletakkan dongkrak hingga berada persis pada tumpuan dan segera kendorkan baut.

  2. Melepas roda

    Cara memasang kampas rem cakram yang berikutnya adalah bagaimana cara melepas roda. Jika semua komponen sudah dikendorkan maka untuk melepaskan rodanya cukup mudah dan bisa menggunakan tangan.
    Apabila, baut sudah terlepas semua maka selanjutnya anda bisa menarik roda dan sistem rem cakram untuk segera melakukan penggantian kampas rem cakram.

  3. Bukalah baut caliper atas bawah

    Cara mengganti kampas rem cakram mobil yang satu ini juga tidak boleh anda lewatkan. Untuk bisa membuka baut caliper, anda sendiri membutuhkan kunci ring 14 atau sesuai dengan mobil anda menggunakan ring yang mana. Anda juga bisa sesuka hati membuka dari mana.Initinya disini, anda tetap diharuskan untuk berhati-hati. Hal ini tidak lain karena banyaknya orang yang kurang berhati-hati sehingga menyebabkan bau caliper patah. Ketika baut ini susah dilepaskan, maka jangan khawatir.. Anda bisa melepaskannya dengan cara memukul di bagian batang kunci.

  4. Segera lepas caliper rem

    Segera bukan caliper dengan cara menariknya keluar. Ini mungkin akan sedikit sulit dilakukan karena piston masih berada menempel pada kampas rem cakram. Tetapi anda tidak perlu khawatir lagi karena anda bisa menarik caliper ini dari atas dan bawah dengan cara bergantian. Cara ini akan memudahkan anda untuk mengeluarkan caliper rem.

  5. Lepas kapas rem

    Dalam cara mengganti kampas rem cakram mobil ini memang tidak sulit jika anda memahaminya dengan baik. Setelah anda berhasil melepaskan caliper maka anda bisa menaruh caliper tersebut pada bagian suspense mobil. Hal ini tidak lain karena masih adanya selang hidrolis yang saling terhubung.Saat kampas rem cakram sudah berhasil dilepaskan dengan menggunakan tangan, maka anda bisa langsung mengecek apakah kampas rem memang sudah dalam keadaan tipis atau tidak. Anda juga bisa melakukan pembersihan pada area piringan rem.Ketika caliper sudah berhasil lepas semua maka anda bisa melihat adanya piringan rem. Untuk membersihkannya maka anda bisa memanfaatkan brake cleaner yang bisa membersihkan berbagai macam kotoran seperti oli, debu dan lainnya.

  6. Pasang kampas rem

    Cara memasang kampas rem cakram ini dilakukan apabila pembersihan sudah selesai dilakukan. Biasanya antara bagian dalam dan luar kampas rem ini memang memiliki perbedaan yang juga wajib untuk anda ketahui. Dimana pada kampas bagian dalam, anda akan menemukan adanya lempengan seng yang memiliki arah ke piringan. Lempengan tersebut memiliki nama brake wear indicator.Jika kedua bagian sisi kampas rem cakram sama saja maka anda bisa memasangnya sesuai dengan selera anda. Jangan sampai lupa juga untuk memasang plat tipis yang berguna untuk melapisi bagian kampas rem cakram.
    Tetapi adanya plat lempengan ini tidak dimiliki oleh semua jenis mobil. Itulah mengapa anda bisa mengecek terlebih dahulu bagaimana kondisi rem cakram anda. Jika ternyata tidak ada plat lempengan, anda bisa meneruskan untuk menyimak cara mengganti kampas rem cakram mobil yang selanjutnya.

  7. Masukkan piston ke dalam sebuah caliper

    Jika ternyata rem cakram anda tidak memiliki plat lempengan maka anda bisa menyesuaikan dengan cara memasang kampas rem cakram berikut ini. Hal yang perlu anda lakukan adalah dengan menyesuaikan celah piston dengan menggunakan kampas rem cakram yang baru. Didalam sistem rem cakram ini sendiri, celah didalamnya akan diatur dengan cara otomatis.Sehingga apabila kampas rem tipis maka piston yang berada didalam caliper akan segera menonjol ke luar.
    Jika anda memasangkan caliper dengan kampas yang berukuran lebih tebal maka caliper tidak bisa masuk dikarenakan terhalang oleh piston yang menonjol. Caranya cukup mudah dimana anda bisa memanfaatkan brake caliper pressing tool. Batang pengungkitnya bisa digunakan untuk apa saja.Anda bisa meletakan ke dua buah kampas rem cakram bekas diatas piston dengan menggunakan dua batang untuk mengungkit. Dengan cara ini maka piston akan terdorong ke dalam caliper.

  8. Segera pasang caliper dan kencangkan baut caliper

    Cara memasang kampas rem cakram yang selanjutnya adalah apabila piston yang terdapat pada caliper sudah disesuaikan maka anda bisa langsung memasang caliper ke atas piringan dengan posisi seperti semula. Anda bisa segera memasang baut caliper dan jangan lupa untuk mengencangkannya dengan baik tetapi jangan berlebihan juga.

  9. Pasang ban dan turunkan dongrak

    Cara mengganti kampas rem cakram mobil yang terakhir adalah dengan memasang ban dan menurunkan dongkrak atau dikenal dengan tahap finishing. Yakni bisa mulai memasang rodam baut roda dan menurunkan dongkrak dan jangan lupa mengencangkan baut roda dengan baik.

Setelah langkah diatas selesai maka anda bisa mengganti kampas rem cakram mobil dengan cara mengganti kampas rem cakram mobil sesuai dengan cara diatas.

Setelah mengetahui cara mengganti kampas rem cakram mobil, anda juga perlu memastikan apabila anda rajin mengecek volume minyak rem. Hal ini tidak lain jika piston ditekan maka minyak akan naik dan meluber. Minyak yang meluber inilah bisa mengenai komponen lainnya yang menyebabkan komponen tersebut terkelupas. Jangan lupa untuk menerapkan cara memasang kampas rem cakra diatas.