Cara Merawat AC Mobil agar Bisa Dipakai Tahan Lama

by -32 views
cara merawat ac mobil

Dengan memakai mobil, tentu perjalanan kita akan lebih nyaman, apalagi terhindar dari sengatan matahari langsung. Kamu pun bisa menikmati ademnya AC mobil, sehingga saat siang hari sekali pun tidak akan terasa panas. Karena keberadaannya sangat penting, hendaknya kamu harus tahu cara merawat AC mobil yang benar agar tetap awet digunakan.

Perawatan AC mobil tidak boleh dilakukan asal-asalan karena bisa merusak sistem komponennya. Berikut beberapa tips merawat AC mobil yang tepat.

Cara Perawatan AC Mobil yang Benar

1. Kebersihan Kabin Harus Terjaga

Merawat AC mobil yang pertama dan paling gampang dilakukan adalah tetap menjaga kebersihan kabin dari segala bentuk kotoran mau pun debu. Gunakan karpet mobil sebagai alas lantainya agar kotorannya tidak cepat menumpuk di lantainya. Jika mau membersihkannya cukup kibaskan karpetnya dan letakan kembali,

2. Bagian Kondensor Dicuci Rutin

Kondesor juga menjadi bagian perawatan AC mobil yang harus dilakukan. Bersihkan secara rutin agar tidak terjadi korosi atau pengkaratan. Kamu cukup semprotkan air pada bagian yang berdebu saja, setidaknya cara merawat mobil ini kamu lakukan setiap 1 hingga 2 kali dalam sebulan.

3. Parkir Mobil Di tempat Teduh

Usahkan kamu pilih parkiran yang teduh karena termasuk tips merawat AC mobil yang cukup ampuh. Kondisi mesin AC yang kamu biarkan di tempat panas nantinya bisa mengakibatkan AC tidak dingin.

4. Hindari Merokok Saat Berkendara

Banyak perokok yang merokok di dalam mobil untuk menghindari rasa kantuk. Padahal hal itu bisa membuat sistem AC terganggu. Asapnya bisa masuk ke dalam lubang filter AC dan tersebar ke seluruh komponen AC. Akan susah dibersihkan kalau sudah sangat pekat. Jadi, lakukan cara merawat AC mobil dengan tidak merokok di dalam mobil.

5. Tidak Buka Kaca Mobil

Ketika jendela mobil terbuka, akan ada banyak debu dan kotoran yang masuk tanpa kita sadari. Kalau kamu biarkan saja, nantinya AC akan menjadi cepat rusak dan tidak dingin. Meski cara merawat AC mobil ini sangat sepele, tapi kalau diabaikan akan mempengaruhi kinerja sistem ACnya.

6. Tidak Makan di Mobil

Sebenarnya tidak apa-apa kalau mau makan di mobil, tapi kamu harus perhatikan rempahannya yang jatuh. Kalau terlalu banyak rempahan yang jatuh, AC mobil tidak akan bekerja dengan maksimal. Perawatan AC mobil ini memang sangat gampang dilakukan, tapi kalau tidak berhati-hati, tetap saja bisa merusak AC.

7. Matikan AC saat Jendela Terbuka

Cara merawat AC mobil yang satu ini berhubungan erat dengan tips merawat AC mobil sebelumnya. Ketika mau membuka jendela, pastikan kondisi AC sudah dimatikan agar kotoran dan debu yang masuk tidak terserap ke dalam filter ACnya.

8. Nyalakan AC Setelah Mesin Hidup

Cara perawatan AC mobil berikutnya adalah menyalakan AC setelah mesin sudah dinyalakan. Kebanyakan pengguna masih saja menyalakan AC terlebih dahulu sebelum mesin dinyalakan. Padahal cara itu salah karena bisa merusak komponen ACnya. Pastikan kamu sudah menyalakan mesin dan tutup semua jendela, lalu nyalakan ACnya.

9. Pakai Pengharum Mobil

Memakai pengharum mobil memang membuat kabin menjadi lebih segar dan wangi. Tapi lebih baik kamu gunakan saja yang wanginya tidak menyengat, karena bisa merusak AC. Bau serta seratnya yang masuk ke dalam filter AC akan susah dibersihkan.

10. Tambahkan Ekstra Kipas

Menambahkan ekstra kipas menjadi cara merawat AC mobil yang efektif. Kipas tambahan tersebut berfungsi sebagai penambah hawa dingin di ruang kabin. Dengan begini, AC tidak akan bekerja sepenuhnya sendiri dan tetap awet digunakan.

11. Kabin Dibersihkan Rutin

Merawat AC mobil tidak hanya dari komponennya saja, karena kabin juga harus rutin dibersihkan. Debu dan kotoran yang menempel membuat AC tidak berfungsi normal. Karena itu, bersihkan setiap kamu rasa debu dan kotoran sudah menumpuk.

12. Rutin Membawa ke Bengkel

Membawa rutin ke bengkel bisa menjadi cara merawat AC mobil yang efesien. Kamu bisa mengetahui lebih dulu komponen AC mana yang sudah mulai rusak, sehingga bisa dibetulkan segera. Dengan begitu, kamu tidak mengeluarkan banyak biaya karena rusaknya belum parah.

Selain menjalankan tips merawat AC mobil seperti di atas, cara merawat AC mobil jangan sampai terlupakan pergi ke bengkel terpercaya, seperti Bengkel ADS AC Mobil yang berdomisili di Jakarta.

Alamat bengkel AC ADS yang bisa kamu kunjungi,
Jalan Haji Nawi Raya no. 2 Gandaria,
Kota Jakarta Selatan
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12420
Telepon: 0817-6688-773