Cara Reset ECU Mobil dengan Lengkap dan Mudah

by -1,552 views
cara reset ecu mobil

Untuk anda yang belum mengetahui hal ini, ECU/ECM sendiri dapat ditemukan dengan mudah pada mobil yang memiliki injeksi. Dalam hal ini, baik untuk mobil yang menggunakan injeksi bensin atau diesel. Fungsi yang dimiliki oleh ECU mobil sendiri adalah untuk dapat menerima sinyal yang di terima dari sensor mesin.

Sinyal ini selanjutnya akan diolah, agar actuator yang ada dapat bekerja sesuai dengan spek yang di tetapkan oleh pabrikan mobil tersebut. Namun mengapa reset ECU mobil ini harus di lakukan? Reset ECU harus di lakukan, jika memang terdapat suatu kesalahan dimana input yang diberikan sensor mesin mengalami kerusakan.

Dalam hal ini, kerusakan actuator yang menjalankan perintah yang dimiliki ECU, akan disimpan dengan baik berupa data yang berbentuk kode. Nantinya kode ini dapat dibaca melalui ke dipan yang dimiliki oleh alat scan yang berisi dengan software mobil. Reset ECU mobil ini harus di lakukan, karena memang fungsi mesin sendiri yang self learning. ECU sendiri tidak jarang, untuk mencatat data yang error yang sebelumnya pernah terjadi. Lalu kapan reset ECU harus di lakukan? Bagaimana cara reset ECU mobil?

1. Reset ECU mobil harus di lakukan, jika memang anda merasakan tarikan yang dimiliki, sudah saatnya anda harus sudah mengetahui cara reset ECU mobil. Jika anda merasakan hal ini, anda dapat langsung melakukan reset untuk ECU mobil yang anda miliki. Hal ini akan membuat tarikan pada kendaraan anda akan seperti semula lagi dan semakin nyaman.

2. Jika memang saat peralihan, atau mengganti bahan bakar anda dari bensin ke premium atau memang ke pertamax. Hal ini adalah waktu yang tepat, untuk anda mulai mengetahui cara setting ECU mobil. Dalam hal ini, pastinya peralihan dari bahan bakar ini akan berbeda dan membutuhkan penyesuaian. Hal ini juga mengapa untuk melakukan reset pada ECU mobil sangat penting.

3. Saat yang tepat, untuk anda mulai mengetahui reset ECU mobil yang anda miliki adalah, ketikan mobil anda selesai digunakan orang lain. Hal ini dikarenakan, tipe mengendarai yang dimiliki oleh orang lain pastinya berbeda. Dengan melakukan reset untuk ECU, maka akan membuat kendaraan yang anda miliki semakin nyaman.

Memang dalam hal ini, manfaat reset ECU mobil sendiri begitu banyak. Hal ini akan menghapus data dari kode trouble yang memang tersimpan pada memori ECU, atau memang saat melakukan kalibrasi yang di lakukan sesuai spesifikasi pabrikan mobil. Lalu bagaimana cara reset ECU mobil?

1. Cara reset ECU mobil pertama yang harus anda lakukan adalah, anda dpaat melepas sekring yang dimiliki ECU di box. Dalam hal ini, cara reset ECU mobil yang benar adalah anda dapat melihat terlebih dahulu tanda sikring yang dimiliki oleh ECU pada engine management.

2. Cobalah untuk melepaskan koneksi yang dimiliki oleh kabel aki, namun risikonya yaitu semua elektrik yang ada memang tergantung dengan pasokan aki. Semua memori radio, jam atau bahkan kabin akan ikut reset.

Lalu setelah anda mengikuti cara reset ECU mobil, maka anda dapat langsung menggunakan mobil tersebut. Nantinya akan membuat ECU belajar dengan sendirinya, sesuai dengan pengemudi tersebut menggunakan mobil yang ada. Itulah bagaimana cara reset ECU mobil agar mobil dapat berfungsi semakin baik dan menjadikan performa kembali normal.