Mengetahui Penyebab dan Ciri Kampas Kopling Mobil Habis

by -27 views
ciri kampas kopling mobil habis

Ada banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan oleh seseorang setiap harinya. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, semua melakukan aktivitas sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing. Mungkin bagi anak kecil, belum ada banyak kegiatan yang menuntut untuk selalu memberikan yang terbaik. Anak kecil masih dibebaskan untuk bermain dan belajar untuk mencari bekal ketika sudah sampai di usia produktif. Namun, hal yang berbeda dirasakan oleh orang dewasa. Sudah ada banyak sekali tanggung jawab yang harus dipenuhi, seperti bekerja dan lain sebagainya. Semua kegiatan yang membutuhkan integritas tinggi tersebut semakin padat sehingga mobilitas seseorang juga semakin tinggi.

Salah satu hal yang bisa membantu seseorang untuk bisa mengatasi permasalahan mobilitas yang tinggi adalah memiliki kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi bisa digunakan ke mana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan seseorang. Anda mungkin melakukan pekerjaan yang harus sering berpindah tempat. Dengan memiliki kendaraan pribadi, seperti mobil, anda bisa melakukan semua kegiatan secara efektif dan efisien. Namun, sayangnya masih ada banyak orang yang tidak mengetahui komponen apa saja yang ada dalam mobil. Padahal, bila anda meluangkan waktu untuk mengetahui komponen tersebut, ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapat. Salah satu komponen dalam mobil yang paling sering digunakan adalah kopling.

Kopling merupakan komponen dalam mobil yang bertugas untuk memindahkan gear mobil. Ada beberapa jenis kopling yang perlu anda tahu, yaitu:

1. Kopling Diafragma

Kopling ini diberi nama sebagai kopling diafragma karena bentuknya yang memang menyerupai diafragma. Bila anda melihat jenis kopling diafragma, anda bisa mengintepretasikan bentuknya seperti sirip ikan. Jenis kopling ini sangat cocok digunakan dalam mobil ringan seperti sedan karena hanya memiliki satu pegas. Keberadaan satu pegas mengakibatkan tidak adanya perbedaan tekanan ketika kopling digunakan. tidak adanya perbedaan ini menjadi penyebab kopling tidak akan mengalami keadaan terselip seperti jenis kopling yang lain.

2. Kopling coil

Pegas yang digunakan dalam kopling jenis ini adalah coil. Bila di jenis kopling sebelumnya hanya menggunakan satu pegas, jenis kopling coil menggunakan beberapa pegas yang digunakan dalam satu waktu. Jenis kopling ini sangat cocok bila digunakan dalam kendaraan yang mengangkut jenis muatan yang berat. Namun, bila ada salah satu bagian pegas yang mengalami masalah, hal tersebut akan mengganggu kinerja kopling secara keseluruhan.

Permasalahan yang sangat mungkin terjadi di kopling coil adalah kampas kopling berubah menjadi tipis. Itulah mengapa anda perlu mengetahui juga ciri kampas kopling mobil habis yang perlu dilakukan pembenaran. Karena bila kampas kopling mobil tidak diperhatikan, justru akan mengganggu dan membahayakan keselamatan pengendara.

1. Mengendus aroma terbakar

Ciri kampas kopling mobil habis yang harus diganti adalah anda dapat mengendus aroma hangus yang dikeluarkan akibat terjadinya kebakaran pada kampas kopling. Biasanya, kampas kopling yang terbakar karena tergesek juga bisa dikarenakan kesalahan pengemudi yang sedang belajar. Atau mungkin, hal tersebut diakibatkan jalanan yang menanjak sehingga membutuhkan usaha ekstra bagi kopling untuk bekerja. Namun, bila bau terbakar sudah bisa tercium bahkan ketika mobil dibawa berjalan melewati jalanan yang tidak menanjak, maka anda perlu mengganti kampas kopling tersebut.

2. Akselerasi tidak terlalu cepat

Ciri kampas kopling mobil habis yang perlu diganti selanjutnya adalah kecepatan mobil tidak terlalu cepat. Ketika anda mengganti gear pada mobil, diharapkan hal tersebut akan membuat laju mobil semakin cepat. Namun, bila kampas kopling anda memang perlu diganti hal tersebut tidak akan terjadi. Meskipun anda telah mengganti gear, kecepatan mobil anda tidak akan bertambah banyak dan hanya akan mengeluarkan suara yang kecil saja.

3. Mesin berputar dengan cepat

Bila mobil anda mengeluarkan ciri kampas kopling mobil habis yang perlu diganti, anda akan merasakan bahwa hawa dalam mobil berubah menjadi lebih panas. Hal ini dikarenakan perputaran kopling yang cepat tanpa ada kegunaan yang perlu. Kampas kopling yang sudah licin tidak bisa mengatur perputaran kopling secara wajar.

4. Kopling terselip

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kopling yang menggunakan kampas coil akan mudah terselip. Ciri kampas kopling mobil habis yang perlu diganti adalah ketika anda mengemudikan mobil, tapi yang anda rasakan ketika mengganti kopling justru mobil tersendat-sendat. Hal ini harus segera diberi pertolongan agar ciri kampas kopling mobil habis yang perlu diganti tersebut tidak menyebabkan komponen mobil lain perlu diganti juga.

5. Kopling mengeluarkan suara yang bergemuruh

Salah satu ciri kampas kopling mobil habis perlu diperbaiki adalah ketika ada bunyi yang keluar ketika anda menggunakan kopling. Karena suaranya yang bergemuruh, bisa anda pastikan bahwa ada yang tidak wajar pada kopling mobil anda. Ciri kampas kopling mobil habis ini menjadi salah satu ciri yang paling banyak diperhatikan oleh pengendara mobil karena memang mengeluarkan bunyi yang nyaring.

Ciri kampas kopling mobil habis memang harus selalu diperhatikan. Bila ciri kampas kopling mobil yang telah disebutkan tidak diperhatikan dan anda justru meremehkannya, maka hal tersebut bisa saja memengaruhi komponen mobil yang lain. Keselamatan dan kenyamanan anda ketika menggunakan mobil tersebut juga akan terganggu nantinya. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya bagi anda untuk mengetahui apa penyebab kampas kopling mobil yang rusak.

1. Setengah kopling

Setengah kopling merupakan keadaan yang dilakukan pengendara mobil ketika melewati jalur yang menanjak. Hal ini memang wajar untuk dilakukan. namun, pastikan untuk tidak menggunakan setengah kopling ketika memang tidak dibutuhkan. Keadaan setengah kopling akan membuat kampas kopling menjadi cepat tipis. Ketebalan kopling akan berubah menjadi tipis ketika keadaan setengah kopling selalu digunakan.

2. Kopling gantung

Kampas kopling merupakan hal yang sangat sensitif terhadap adanya tekanan. Bila anda tidak sedang menggunakan kopling ketika berkendara, lebih baik jangan letakkan kaki anda di atas pedal kopling. Secara tidak sadar, kaki yang diletakkan di atas pedal kopling akan memberikan tekanan pada kampas kopling sehingga kampas kopling akan berkurang ketebalannya sedikit demi sedikit. Bila anda sudah terbiasa melakukannya, lebih baik ubah kebiasaan tersebut agar kampas kopling yang anda miliki bisa bertahan lebih awet.

Setelah mengetahui ciri kampas kopling mobil habis dan penyebabnya anda disarankan untuk segera mengganti kampas kopling lama menjadi yang baru. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kampas kopling yang habis akan bekerja secara tidak wajar. Keselamatan anda etika berkendara akan berbahaya. Tidak hanya anda, bisa jadi kecerobohan anda karena tidak mengganti kampas kopling yang sudah habis juga bisa membahayakan orang lain. Selalu ingat bahwa tidak hanya anda yang menggunakan kendaraan di jalan. Ada banyak orang lain yang juga menggunakan jalan raya untuk melakukan aktivitas.