Kenali Dulu Apa Itu Evaporator AC Mobil dan Cara Membersihkannya

by -20 views
Evaporator AC Mobil

AC menjadi sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, tidak terkecuali untuk kendaraan mobil. AC mobil memang sangat dibutuhkan agar kita tidak kepanasan selama berkendara atau perjalanan. Terdapat komponen yang tidak boleh dilewatkan di dalamnya, yaitu evaporator AC mobil.

Bentuknya kontak dan terdapat bentuk ruangan yang berliku-liku. Karena tidak merata itulah yang membuat evaporator cepat kotor dan berdebu. Kalau kotorannya sudah menumpuk, AC menjadi tidak dingin dan Anda akan merasakan kepanasan. Karena sangat penting, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu fungsinya dan cara membersihkan AC mobil di bawah ini.

Fungsi Evaporator AC Mobil

Evaporator ini berada di bawah dashboard mobil, sehingga membuatnya menjadi semakin rentan terkena debu maupun kotoran. Ada beberapa fungsi penting yang perlu Anda ketahui, yaitu.

  1. Evaporator AC mobil bisa memberikan suhu dingin di dalam ruangan mobil.
  2. Merubah cairan freon menjadi gas yang mendinginkan ruangan.
  3. Memastikan AC bisa bekerja dengan maksimal atau tidak.

Kalau kotorannya menumpuk, tentu akan terjadi kendala-kendala sebagai berikut.

  1. Sirkulasi menjadi macet, sehingga Anda akan terasa panas.
  2. Karena cepat rusak, maka komponen lainnya juga akan rusak.
  3. Terjadi pembekuan es, sehingga angin tidak bisa keluar.
  4. Es akan semakin cepat menumpuk.
  5. Sensor suhunya menjadi tidak stabil.
  6. Kompresor menjadi terkena panas berlebih.

Cara Membersihkan AC Mobil

Seperti yang sudah dibahas di atas, karena sangat penting kegunaannya, maka Anda harus rutin membersihkannya. Sebaiknya gunakan cara membersihkan evaporator AC mobil yang tepat, agar evaporator tidak cepat rusak. Berikut cara-caranya.

1. Matikan mesin

Cara membersihkan evaporator AC mobil yang paling penting adalah mematikan mesinnya terlebih dahulu. Nantinya Anda perlu membongkar beberapa bagian mesin dan jangan lupa siapkan perlengkapan pembersihnya, seperti cairan pembersih AC mobil, sikat gigi, dan sebagainya.

2. Ketahui letak evaporator

Letak evaportaor AC mobil tentu berbeda di setiap modelnya. Jadi Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu di mana letak evaporator milik Anda. Tapi kebanyakan model meletakannya di bawah dashboard.

3. Buka evaporator

Cara membersihkan AC mobil ini perlu dilakukan dengan hati-hati. Kalau belum tahu cara membukanya, Anda bisa memakai buku manual untuk mencari tahunya. Jangan lupa cek filter AC-nya. Kalau sudah kotor, ganti saja dengan yang baru.

4. Kaleng spray

Jangan lupakan kaleng spray untuk membersihkan evaporator AC mobil. Semprotkan di bawah blower sebelum memulai membersihkannya.

5. Buka ventilasi AC dan kaca mobil

Kalau sudah disemprot, jangan lupa buka ventilasi AC dan kaca mobilnya. Hal tersebut dilakukan agar sirkulasi udara bisa terjadi dengan baik. Tapi usahakan mencari tempat yang tidak banyak debu agar kotorannya tidak terhisap ke dalam ruang mobilnya.

6. Nyalakan mesin

Cara membersihkan AC mobil berikutnya adalah menyalakan mesinnya. Jangan lupa juga nyalakan AC-nya dan cek apakah evaporator AC mobil Anda masih bermasalah atau tidak. Kalau terasa tidak dingin, periksa lagi komponen mana yang terkendala.

7. Semprotkan cairan pembersih

Kalau diperiksa sudah tidak ada kendala, selanjutnya Anda semprotkan cairan pembersih AC mobil ke bawah blower. Cairan yang Anda semprotkan itu akan menghasilkan foam atau busa. Busa itulah yang akan membersihkan filter AC nantinya.

8. Diamkan mesin

Ketika busa mulai keluar dari ventilasi AC, diamkan saja mesin mobil Anda kurang lebih 10 hingga 15 menit. Pastikan Anda mengeceknya apakah sudah tidak ada air lagi di dalamnya.

9. Bersihkan air di lubang ventilasi AC

Cara membersihkan AC mobil yang terakhir adalah bersihkan air yang ada di dalam lubang ventilasi. Sapukan saja airnya ke selokan dan lakukan sampai benar-benar bersih.

Kalau tadi Anda sudah membersihkan AC mobilnya, sekarang yang perlu Anda bersihkan juga adalah evaporator AC mobil. Berikut cara membersihkannya yang benar.

1. Gunakan cairan pembersih AC mobil yang dikhususkan untuk evaporator.

2. Kalau filter rusak, gantilah yang baru.

3. Buka filternya, lalu semprotkan cairan pembersih AC mobil tadi ke blower AC. Jangan lupa periksa terlebih dahulu apakah selangnya sudah tersambung dengan pas.

4. Tunggu saja cairan itu sampai kering. Tapi Anda bisa melakukan hal lain seperti membersihkan sekitar area evaporator AC mobil.

5. Kalau sudah, langsung saja bersihkan evaporatornya dengan memakai air agar kotorannya cepat hilang.

6. Untuk mengeringkannya, Anda bisa memakai kain yang teksturnya cepat menyerap air, tapi tetap saja Anda harus menggunakan permukaan yang lembut.

7. Kalau sudah semuanya selesai, Anda hanya perlu memasang kembali evaporator AC mobil Anda.

Sangat mudah, bukan cara membersihkan evaporator AC mobil di atas? Tidak membutuhkan waktu yang lama, komponen evaporator Anda bisa kembali bersih dan suhu temperaturnya tetap dingin. Pastinya bisa menjadi masalah kalau Anda tidak rajin membersihkannya. Bisa-bisa, AC menjadi tidak dingin lagi dan kabin mobil Anda akan terasa panas. Tentu tidak nyaman, bukan?

Tapi kalau Anda memang sibuk dan tidak punya waktu untuk membersihkan evaporator AC mobil Anda, tidak ada salahnya membawanya ke bengkel tempat langganan Anda. Anda yang mencari bengkel lain pun juga tidak masalah. Tapi carilah yang harganya wajar, tidak mahal, atau tidak terlalu murah. Kebanyakan mematok harganya sekitar Rp 600.000 hingga Rp 800.000.

Tapi, kalau Anda ingin mencari bengkel baru dan masih bingung memilih di mana, Bengkel ADS AC Mobil bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membersihkan evaporator AC mobil Anda. Mereka akan siap melayani dan membantu Anda dalam mengatasi masalah pada AC mobil. Harga komponen yang mereka tawarkan pun juga tergolong terjangkau.