Inilah Fungsi Rocker Arm, si Pelatuk Klep

by -346 views
fungsi rocker arm

Rocker arm adalah salah satu dari komponen mekanisme katup, atau biasa disebut pelatuk klep atau katup. Tak jarang pula rocker arm disebut sebagai templar roller. Rocker arm juga dibuat dengan tingkat presisi yang tinggi serta material yang tepat pula. Lalu apa fungsi dari rocker arm?

Fungsi Rocker Arm
Rocker Arm berfungsi untuk membuka serta menutup katup atau klep, baik itu katup hisap maupun katup buang. Saat katup hisap tertekan oleh rocker arm, maka campuran udara dan juga bahan bakar dapat masuk ke dalam ruang bakar.
Sedangkan saat katup buang yang tertekan oleh rocker arm, maka hasil gas pembakaran tersebut dapat keluar melalui katup buang.

Rocker arm terpasang pada bagian poros rocker arm atau rocker arm shaft. Pada tipe kendaraan yang memiliki mekanisme katup tipe OHV atau over head valve, rocker arm umumnya dihubungkan dengan push rod atau poros pendorong.
Jika cam shaft atau poros nok berputar dan poros nok tersebut menekan valve filter atau pengangkat katup, maka akan terjadi dorongan pada batang pendorong sehingga batang pendorong tersebut akan menekan rocker arm hingga akhirnya rocker arm menekan katup agar dapat membuka.

fungsi rocker arm mesin

Pada mesin yang memiliki mekanisme katup tipe SOHC atau single over head cam shaft, rocker arm akan terhubung langsung dengan poros nok, sehingga saat poros nok tersebut berputar dan pada bagian tonjolan poros nok tersebut menekan rocker arm, maka tekanan tersebut selanjutnya akan diteruskan oleh rocker arm untuk menekan katup.
Rocker arm sendiri dilengkapi dengan mur pengunci serta sekrup penyetel. Mur pengunci dan sekrup penyetel ini digunakan untuk menyetel celah pada katup. Karena setelan celah katup harus disetel sesuai dengan nilai spesifikasinya.

Jika nilai celah katup tidak sesuai spesifikasi contohnya lebih kecil atau lebih besar, maka dampaknya adalah kinerja mesin dan juga komponen rocker arm maupun katupnya sendiri menjadi tidak baik.
Namun terdapat beberapa tipe mesin yang tidak memerlukan penyetelan celah katup manual, karena celah katup sudah dilakukan secara otomatis pada mesin yang memiliki pengangkat katup tipe hidrolis, atau dengan menggunakan katup last adjuster.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi rocker arm. Semoga dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda.