Inilah Konstruksi Dan Fungsi Throttle Body

by -33 views

Pernah mendengar sebutan throttle body? Throttle body adalah bagian dari sistem induksi udara yang berada pada kendaraan injeksi EFI atau Electronic Fuel Injection. Throttle body sendiri berada di antara saringan udara atau air filter dan air chamber. Lalu apa fungsi dari throttle body?

Fungsi Throttle Body
Fungsi dari throttle body adalah sebagai saluran utama yang dilewati setelah udara tersaring oleh filter, sebelum akhirnya masuk ke air chamber serta intake manifold. Throttle body tak hanya penting untuk mesin EFI namun juga tempat dari sensor-sensor penting.

fungsi dari throttle body

Konstruksi Throttle Body
Throttle body dilengkapi dengan komponen-komponen penting seperti throttle position sensor atau TPS, throttle valve atau katup gas, air flow meter atau mass air flow untuk sistem L-EFI, dan idle speed control atau ISC.

1. Throttle Position Sensor (TPS)
Adalah salah satu sensor yang berada pada sistem EFI, fungsinya mendeteksi posisi bukaan dari katup throttle. Throttle position sensor ini letaknya berada di throttle body yang terhubung dengan throttle valve.

Data tentang pembacaan besarnya bukaan katup oleh sensor yang satu ini selanjutnya akan dikirimkan ke electronic control unit atau ECU sebagai data input ECU guna mengontrol kerja dari mesin.

2. Throttle Valve
Adalah katup gas throttle body yang berfungsi untuk mengontrol jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold. Caranya adalah dengan membuka dan menutup saluran utama yang dilalui udara pada saat pedal gas diinjak.

Gerakan throttle valve sesuai dengan gerakan pedal gas, dan untuk menghubungkan pedal gas dengan throttle valve ini bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan menggunakan kabel gas secara manual, dan dengan menggunakan motor listrik atau sering disebut dengan throttle by wire secara elektrik.

Kini tak sedikit mobil-mobil keluaran terbaru menggunakan sistem throttle by wire untuk menggerakkan throttle valve.

3. Air Flow Meter
Air flow meter hanya terdapat pada kendaraan tipe L-EFI atau L-Jetronik. Fungsi dari air flow sendiri adalah untuk mengukur berapa jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold. Bukaan katup gas atau throttle valve mempengaruhi jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold.

Hasil dari pembacaan jumlah udara oleh air flow meter nantinya akan dikirimkan ke dalam ECU dan digunakan sebagai data input ECU dalam mengontrol kerja dari mesin.

4. Idle Speed Control (ISC)
ISC ini memiliki sebuah fungsi memberikan sirkulasi udara by pass saat mesin pada saat mesin tersebut idle, sebab throttle valve saat itu dalam keadaan posisi menutup rapat.

ISC sendiri dikontrol oleh ECU, dan juga memiliki fungsi lain yaitu mengakomodir semua udara yang dialirkan ke mesin dan juga untuk mengatur semua campuran udara dengan bahan bakar. Selain itu juga untuk menaikkan dan menurunkan putaran mesin saat mesin dalam posisi idle.

Demikianlah pengertian mengenai fungsi throttle body untuk menambah pengetahuan Anda. Semoga bermanfaat!