,

Berapa Harga Kondensor AC Mobil Ford pada Umumnya?

by -110 views
Harga Kondensor AC Mobil

Sebagai pengguna mobil, sudah seharusnya Anda melakukan service secara berkala agar terhindar dari kerusakan yang semakin parah. Salah satu komponen yang perlu Anda perhatikan dengan rutin yaitu AC. Dari banyaknya macam komponen yang ada, terdapat kondensor yang berperan aktif untuk mendinginkan kabin mobil. Karena itulah, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu harga kondensor AC mobil Ford agar tidak salah membelinya.

Sebelum Anda mengetahui lebih jauh perkiraan harga kondensor AC mobil, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa fungsinya komponen dari AC tersebut? Tentu sudah menjadi tugas Anda sebagai pemilik mobil untuk mencari tahunya agar saat membawanya ke bengkel Anda tidak mudah terkena penipuan.

Born Ford Tough berkerjasama dengan ADS AC Mobil, cukup tunjukkan surat kerjasama ini, untuk mendapatkan diskon 15%
Surat Kerjasama ADS

ADS AC Mobil
Jalan Haji Nawi Raya no. 2 RT.3/RW.1

Gandaria, Cilandak, Jakarta Selatan

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12420
Telepon: 0817-6688-773

Kondensor AC pada mobil merupakan komponen yang paling penting dan bertugas sebagai heat exchanger. Fungsi utamanya yaitu mengubah freon yang awalnya memiliki tekanan yang sangat tinggi atau disebut sebagai gas refrigerant menjadi bentuk cairan freon yang memiliki tekanan yang tinggi juga.

Kalau Anda melihat komponen radiator mobil, pasti Anda akan menemukan kondensor di dekatnya yang tepatnya berada di depan radiatornya. Dengan meletakannya di depan radiator, bagian komponennya dapat tetap dingin karena terkena hembusan angin dari kipas radiatornya.

Tapi bagaimana kalau sudah rusak? Kalau Anda sudah mendapatkan tanda-tanda kondensor rusak seperti suhu udara AC sudah mulai tidak dingin, adanya perbedaan pada selang high maupun low, dan terdapat bekas bocoran pada permukaan kondensor, maka Anda harus segera mengganti komponen kondensor dengan yang baru.

Berapa harga kondensor AC mobil yang umumnya dikenakan oleh pihak bengkel. Sebenarnya biaya perbaikannya masih terbilang murah kalau masih dalam lingkup kerusakan yang masih ringan. Masalah ringan yang termasuk yakni adanya karatan pada bagian kondensornya. Anda tentunya tidak akan membutuhkan biaya banyak untuk membersihkannya.

Kotoran yang menumpuk pada kondensor biasanya perlu disemprot dengan air yang memiliki tekanan yang tinggi. Biaya penyemprotan tersebut kurang lebih Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu. Namun kalau sudah semakin menumpuk kotorannya, maka perlu disemprot dengan cairan khusus yaitu freon R11 dan Nitrogen. Tentunya Anda harus mengeluarkan biaya lebih sedikit sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu.

Harga kondensor AC mobil Ford dalam penggantian komponen seluruhnya pastinya akan jauh lebih mahal. Jika memang terpaksa harus mengganti semua komponen kondensornya, Anda perlu menyiapkan budget hingga jutaan rupiah. Harga komponen tersebut sebenarnya berbeda-beda tergantung jenis mobil Anda.

Perlu Anda ketahui, masing-masing jenis mobil Ford memiliki tipe kondensor yang berbeda sehingga harganya pun juga ikut berbeda. Selain itu, dari pemilihan mereknya pun dapat mempengaruhi harga kondensor AC mobil Ford itu sendiri. Semakin terkenalnya sebuah merek, tentu harga yang ditawarkan akan jauh lebih mahal, belum lagi melewati beberapa tangan penjual, sehingga harganya akan semakin tinggi.
Berikut adalah daftar harga kondensor AC Mobil Ford di bengkel ADS AC Mobil

Jenis Mobil Harga Kondensor
Ford Ecosport Rp.2.500.000
Ford Focus Rp.3.500.000
Ford Fiesta Rp.3.200.000
Ford Everest Rp.2.200.000
Ford Ranger Rp.2.200.000

Agar Anda tidak salah pilih harganya, ada baiknya mencari tahu jenis mobil yang Anda gunakan dan membandingkan harga kondensornya melalui situs online. Jika budget Anda benar-benar terbatas, tidak ada salahnya membeli kondensor yang sudah bekas atau pernah dipakai oleh pengguna mobil lain.

Namun Anda harus memilih dengan jeli karena yang namanya sudah bekas, pastinya pernah terjadi kerusakan pada komponen kondensornya. Harga kondensor AC mobil Ford yang sudah bekas sebenarnya lebih murah, bahkan mancapai 70 hingga 80% dari harga aslinya. Tidak heran orang yang memiliki budget terbatas lebih memilih membeli yang sudah bekas agar tidak mengeluarkan biaya lebih banyak lagi.

Sebelum Anda membelinya, pastikan dulu harga kondensor AC mobil Ford baik yang masih baru maupun yang sudah pernah digunakan. Jangan sembarangan memilihnya agar tidak terjadi kerusakan tambahan pada mesin AC mobil Anda.