,

Harga Service AC Mobil Ditentukan dari Kerusakannya

by -65 views
Harga Service AC Mobil

AC tidak hanya digunakan di ruangan kamar, mall, atau tempat-tempat lainnya, tapi juga dapat dipakai di ruangan mobil. Tentu kondisi mobil yang tertutup juga harus membutuhkan AC agar penggunanya tidak kepanasan. Karena kehadirannya sangat penting, sudah seharusnya Anda melakukan service berkala. Namun, Anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu harga service AC mobil agar tidak terkena penipuan harga.

Penipuan biaya perbaikan AC mobil kerap ditemukan di zaman sekarang. Pihak bengkel hanya sembarangan saja mengecek komponen AC-nya dan mematok harga yang tidak sesuai dengan kondisi kerusakannya. Sebenarnya ada bengkel yang memberikan harga yang murah, tapi kenyataan murahnya terlalu jauh dari kualitasnya yang tidak bagus, sehingga bisa mengakibatkan kerusakan lanjutan ke depannya.

Born Ford Tough berkerjasama dengan ADS AC Mobil, cukup tunjukkan surat kerjasama ini, untuk mendapatkan diskon 15%
Surat Kerjasama ADS

ADS AC Mobil
Jalan Haji Nawi Raya no. 2 RT.3/RW.1

Gandaria, Cilandak, Jakarta Selatan

Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12420
Telepon: 0817-6688-773

Harga service AC mobil juga dapat menjadi mahal jika Anda tidak melakukan service berkala yang mengakibatkan kerusakannya bertambah parah. Semakin parah kerusakannya, tentu biaya perbaikannya juga semakin mahal, apalagi Anda harus mengganti beberapa komponen AC lainnya.

Salah satu upaya Anda sebagai pemilik mobil agar tidak terkena harga perbaikannya yang terlalu mahal, ada baiknya kenali fungsi-fungsi terlebih dahulu komponen ACnya. Mulai dari kompresor, evaporator, expansi valve, kondensor, serta receiver dryer. Kelima komponen AC tersebut yang menjadikan AC bekerja dalam suhu yang dingin. Salah satu komponennya rusak atau bermasalah, suhu AC tidak akan menjadi dingin.

Bengkel yang resmi dan profesional biasanya memberikan harga service AC mobil tergantung dari jenis perbaikannya. Ada 2 cara pengerjaan service pada AC mobil yakni basic service dan advance service.

Basic service perlu dilakukan pada mobil-mobil yang jarak tempuhnya sudah mencapai 10.000 hingga 20.000 km. Dalam perkiraan waktu, sekitar 1 tahun sudah perlu Anda lakukan basic service. Jika Anda berada dalam lingkungan perkotaan, kondisi jalan yang macet tentu mempengaruhi jarak tempuhnya. Kalau ingin dilakukan secara rutin, dalam jarak 10.000 perlu dilakukan service AC berkala.

Karena pengerjaan perbaikannya masih dalam tahap basic atau awal, komponen AC Anda hanya dilakukan pemeriksaan rutin dan perawatan pada komponen tertentu, seperti kompresor. Selain itu, ganti oli dan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada dinding komponen AC juga termasuk dalam jenis service ini.

Harga service AC mobil dengan jenis tersebut masih terbilang murah. Biasanya bengkel mematok harga sekitar Rp 200 ribu sampai Rp 1 juta untuk sekali service-nya.

Sedangkan advance service memang membutuhkan biaya yang lebih besar karena perbaikannya tidak hanya sedikit saja, melainkan lebih banyak. Untuk rutinitas perbaikannya masih dalam kurun waktu 2 tahun. Komponen yang perlu masuk ke dalam perawatan ini yaitu kompresor, evaporator, serta kondensor. Selain itu, masih ada lagi komponen lainnya yang perlu diperhatikan yakni valve, filter, dan receiver dryer.

Banyaknya komponen AC yang harus diperbaiki tentu harga service AC mobil ini lebih mahal. Kurang lebih sekitar Rp 2 juta hanya untuk komponen kompresornya saja. Selain harganya yang lebih mahal, tentu waktu pengerjaannya juga tidak sebentar. Anda harus bersabar sekitar 4 jam lebih untuk menunggu waktu pengerjaannya.

Sebenarnya harga perbaikannya termasuk relatif juga tergantung dari masing-masing bengkel yang ingin mematoknya. Tapi, agar tidak ingin kena penipuan harga, sebaiknya pilih bengkel resminya saja. Selain dari harganya yang sudah pasti, barang komponennya pun juga original.

Pastikan Anda tanyakan terlebih dahulu harga service AC mobil secara rinci. Semakin Anda tahu berapa banyak biaya yang dibutuhkan, maka semakin siap Anda membayarnya. Jangan lupa Anda pilih bengkel resmi agar meminimalisir kecurangan service AC-nya.