Kode OBDII U3000

by -420 views
Kode OBDII U3000

Kode OBDII U3000 berarti bahwa modul kontrol, Controller Area Network (CAN), atau kerusakan sistem kabel telah terdeteksi. Modul terpisah digunakan untuk memantau dan mengendalikan fungsi kendaraan tertentu dari operasi engine dan transmisi hingga fungsi power steering dan pencahayaan (dan hampir semuanya di antaranya).

Ketika Powertrain Control Module (PCM) mendeteksi masalah dengan jaringan komunikasi atau variasi tegangan dari salah satu pengendali lain yang melebihi batas maksimum yang diizinkan, kode akan disimpan dan lampu indikator malfungsi dapat menyala. Controller Area Network (CAN) adalah jenis bus komunikasi, yang memungkinkan beberapa modul kontrol untuk berkomunikasi satu sama lain, tanpa memerlukan host atau pengendali master.

Protokol berbasis pesan ini dirancang khusus untuk digunakan dalam aplikasi otomotif. Modul kontrol tertentu yang dimaksud, ketika Kode OBDII U3000 muncul, mungkin berbeda antara produsen. Sementara satu produsen dapat menentukan modul listrik umum (GEM) yang lain mungkin membubuhkan kode ini ke modul kontrol tubuh (BCM), modul kontrol instrumen (IPC), pengendali rem elektronik (EBC), atau pengontrol lainnya.

Kontroler individu digunakan untuk memantau dan mengontrol hampir setiap fungsi elektronik dari kendaraan yang dilengkapi OBD-II, dengan PCM sebagai monitor pengendali lainnya. Lihat panduan servis pabrikan (atau yang setara) untuk kendaraan tempat kode dipamerkan untuk menentukan modul yang terkait dengan Kode OBDII U3000. Selain berbagai pengendali, Controller Area Network (CAN) juga dibuat dari jaringan kabel dan konektor yang rumit. Ini digunakan sebagai jalur pipa untuk informasi yang harus dibagi antar pengontrol.

Kemungkinan Gejala DTC atau Kode OBDII U3000
Drivabilitas, atau masalah sistem kelistrikan lainnya
Kode masalah tersimpan
Kode check engine menyala
PCM juga dapat menempatkan sistem yang terpengaruh dalam mode limp

Penyebab potensial DTC atau Kode OBDII U3000
Relay rusak
Kabel yang rusak, terputus atau soket kabel yang berkarat
Kabel ground yang rusak
Koneksi terminal aki berkarat atau longgar

Solusi DTC atau Kode OBDII U3000
Titik awal yang baik adalah selalu memeriksa buletin layanan teknis (TSB) untuk kendaraan khusus Anda. Masalah Anda mungkin merupakan masalah yang diketahui dengan perbaikan yang diketahui yang dikeluarkan oleh produsen dan dapat menghemat waktu dan uang Anda selama diagnosis.

Saya biasanya memulai diagnosis saya dari Modul Kontrol U3000 dengan inspeksi visual pada kabel baterai dan ujung kabel sebelum memeriksa kondisi sekering sistem, pemutus sirkuit, dan relai. Saya mungkin melanjutkan dengan menempatkan mesin dan alasan chassis dan memastikan bahwa mereka juga aman. Anda dapat menggunakan lampu uji sederhana atau volt / ohmmeter digital untuk menyelesaikan tugas-tugas ini.

Kerusakan terminal baterai yang berlebihan, ujung kabel yang longgar, kabel yang rusak, atau konektor yang rusak harus diperbaiki sebelum mengutuk sirkuit atau komponen sistem. Saya akan melanjutkan dengan mengambil dan mencatat semua kode masalah sebelum membersihkan dari memori PCM dan memulai pengujian komponen dan sirkuit.

Alat diagnostik khusus, seperti AutoHex, sering diperlukan untuk mendiagnosis jenis kode ini dengan benar hanya karena banyaknya sirkuit yang terlibat. Saat menguji sekring sistem dan pemutus sirkuit, periksa tegangan di seluruh perangkat proteksi sirkuit ketika sedang di bawah beban.