Komponen AC Mobil Beserta Fungsinya yang Wajib Anda Tahu

by -36 views
komponen ac mobil

Meskipun sudah banyak digunakan oleh penggunanya, tapi masih ada banyak sekali orang yang belum mengetahui apa saja komponen AC mobil. Padahal, bila mengetahui berbagai macam komponen AC mobil anda bisa mengetahui lebih dahulu bila ada suatu kerusakan yang terjadi ketika AC digunakan. mengetahui komponen sistem AC mobil juga bisa berguna untuk menambah wawasan anda di bidang otomotif. Jadi, bukan hanya anda yang bisa mendeteksi kerusakan awal di bagian komponen ac mobil, tapi mungkin anda juga bisa membantu teman atau keluarga anda.

Memiliki kendaraan yang siap untuk mengantarkan anda ke mana saja dan di mana saja adalah suatu hal yang patut disyukuri. Kendaraan sebagai moda transportasi sangat berguna sebagai salah satu bentuk perkembangan teknologi agar anda bisa mencapai tujuan secara cepat. Kendaraan yang digunakan dalam melakukan kegiatan sehari-hari bisa menjadi salah satu indikator yang memengaruhi tingkat mobilitas anda. Bila anda merupakan salah seorang pekerja yang memiliki banyak sekali kegiatan, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi yang dijual di pasaran sekarang ini sangat beragam, mulai dari motor yang memiliki 2 roda hingga mobil yang memiliki 4 roda.

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang cukup diminati untuk dibeli oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kegunaan yang bisa didapatkan oleh pengguna. Mobil merupakan kendaraan yang bisa digunakan di berbagai kesempatan. Ada banyak sekali barang pribadi yang bisa dibawa sekaligus dengan membawa mobil. Apalagi bila cuaca sedang tidak bersahabat seperti hujan, anda bisa sampai ke tempat tujuan dalam kondisi yang baik karena tidak harus kehujanan. Begitu pula ketika cuaca terik melingkupi langit, anda bisa menggunakan air conditioner atau AC yang bisa digunakan sebagai pendingin ruangan. Dengan menyalakan AC, suhu panas yang berada di luar mobil bisa diubah menjadi dingin karena adanya bantuan AC dari mobil. Di bawah ini akan dijelaskan komponen ac mobil yang sebaiknya anda tahu.

  1. Kompresor

    Bagian ac mobil pertama yang akan dibahas adalah bernama kompresor. Kompresor merupakan Komponen ac mobil yang bertugas untuk mengubah gas freon yang memiliki suhu yang rendah. Gas freon dengan suhu rendah tersebut kemudian akan disalurkan menuju kondensor dalam bentuk zat cair yang memiliki suhu yang tinggi. Cara kerja yang dilakukan oleh kompresor tidak sendiri. Kompresor juga dilengkapi dengan oli yang bertugas sebagai pelumas agar kinerja yang dilakukan oleh kompresor bisa sesuai dengan apa yang telah dibuat. Hal ini tentu saja menjadi penting bagi anda agar juga memperhatikan keadaan oli yang berada di kompresor. Jangan sampai volume oli yang berada dalam kompresor terlalu sedikit yang justru bisa menghambat kinerja yang akan dilakukan oleh kompresor.

  2. Kondensor

    Komponen ac mobil dan fungsinya yang akan dibahas selanjutnya adalah kondensor. Setelah mendapat kiriman freon dalam bentuk cair yang memiliki suhu yang tinggi dari kompresor, kondensor memiliki tugas untuk mendinginkan kembali suhu yang dimiliki oleh freon. Komponen ac mobil ini menggunakan kipas yang bisa membantu untuk mempercepat proses pendinginan. Kipas yang berada dalam kondensor biasa disebut dengan istilah motor fan atau extra fan condensor. Bila kipas ini mengalami kerusakan, misalnya karena tersumbat kotoran, tentu putaran yang dihasilkan tidak akan sempurna. Kipas dalam kondensor akan macet sehingga gagal untuk melakukan tugasnya dalam bentuk mendinginkan suhu panas yang dimiliki oleh cairan freon.

  3. Filter drier

    Selanjutnya, rangkaian ac mobil yang akan dibahas adalah filter drier. Filter drier memiliki nama lain yang cukup sering dikenal oleh pengguna mobil atau yang ahli di bidangnya dengan sebutan receiver drier. Sesuai dengan nama dari Komponen ac mobil ini, fungsi yang dilakukan adalah untuk menyaring berbagai macam kotoran yang terbawa oleh freon ketika melewati komponen sebelumnya. Hal ini tentu saja sangat berguna, apalagi bagi mobil yang belum memiliki komponen ac yang cukup baik. Namun, karena sudah adanya perkembangan teknologi yang semakin baik, komponen ini sudah tidak lagi wajib ada di dalam komponen ac mobil. Dibutuhkan atau tidaknya filter drier di sebuah komponen ac mobil bisa terlihat dari seberapa baik komponen yang ada dalam mobil menyaring freon yang ada agar tidak menambah jumlah kotoran yang mungkin ada.

  4. Ekspansi valve

    Komponen lain yang ada dalam ac mobil adalah ekspansi valve. Sebelum masuk ke dalam evaporator, freon ac terlebih dahulu harus melewati saluran yang bernama ekspansi valve. Ekspansi valve menjadi saluran yang terlebih dahulu harus dilewati oleh freon ac. Selain bekerja sebagai saluran, ekspansi valve juga bertugas untuk mengatur seberapa banyak jumlah freon yang diperlukan dalam kendaraan. Jumlah tersebut harus disesuaikan agar tidak terlalu sering mengalami keborosan yang tidak perlu sehingga ac mobil bisa lebih awet. Selain itu, dalam ekspansi valve juga akan terjadi proses pengkabutan freon sehingga freon akan lebih mudah diserap dalam evaporator.

  5. Evaporator

    Evaporator menjadi komponen terakhir yang harus dilalui freon agar hawa dingin bisa dirasakan oleh pengguna mobil. Evaporator menjadi gerbang keluar bagi freon setelah melewati banyak komponen lain yang berada dalam mobil. Evaporator dalam mobil biasanya bisa diatur sedemikian rupa mengikuti ke arah mana freon ingin dihembuskan. Biasanya bentuk evaporator seperti jendela yang memiliki kisi-kisi. Kisi-kisi itulah yang digunakan sebagai penentu arah di mana hawa freon akan dihembuskan.

  6. High low pressure switch

    High pressure switch merupakan bagian yang termasuk dalam komponen ac mobil. Komponen ini bertugas untuk memutus aliran listrik menuju kompresor ketika terdapat goncangan yang bisa mengakibatkan komponen dalam kendaraan mobil mengalami tekanan di luar batas normal. Sedangkan low pressure switch merupakan komponen ac mobil yang memiliki tugas untuk memutus aliran listrik ketika volume freon yang ada dalam kompresor mengalami kekosongan karena diakibatkan oleh kebocoran.

  7. Pipa dan selang

    Pipa dan selang menjadi komponen pelengkap ac mobil. Komponen ini bertugas sebagai jalur yang disediakan agar freon bisa lewat sehingga tersambung ke berbagai macam Komponen ac mobil. Salah satu hal yang perlu diwaspadai adalah kondisi pipa dan selang ini. Karena jumlahnya sangat banyak yang menghubungkan berbagai macam komponen, biasanya kerusakan yang terjadi pada selang tidak bisa terdeteksi secara langsung. Harus dilakukan cek di seluruh bagian selang dan pipa agar kerusakan yang terjadi bisa diperbaiki. Selang atau pipa yang mengalami kerusakan akan menyebabkan ac menjadi cepat bocor. Hal ini memang tidak mengganggu kinerja kendaraan mobil secara umum, tapi bila tidak segera dibenahi tentu orang yang menggunakan mobil akan merasa tidak nyaman ketika menggunakan mobil di bawah sinar matahari yang terik dan memiliki suhu yang panas.

Mengetahui berbagai macam komponen ac bisa dijadikan langkah awal untuk menghemat pengeluaran yang mungkin terjadi.