Kerusakan Pada Kompresor AC dan Bagaimana Cara Mengatasinya

by -7 views
kompresor ac

Ac merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang sangat membantu manusia. apalagi bagi masyarakat yang bertempat tinggal di daerah tropis. Panas matahari yang sering menghampiri bisa sedikit berubah ketika ruangan menggunakan ac. Hal yang sama juga berlaku ketika anda menggunakan ac dalam mobil. Tidak hanya berada di dalam ruangan, ac juga bisa digunakan ketika berkendara. Bagi anda yang harus selalu tampil dengan penampilan maksimal, keringat yang dipicu oleh panas matahari tentu saja adalah hal yang sangat mengganggu. Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan ac mobil ketika melakukan berbagai macam aktivitas sehari hari.

Namun, meskipun ac mobil tersebut sudah sangat sering digunakan, nyatanya masih banyak pengguna kendaraan mobil yang belum mengetahui komponen apa saja yang ada dalam ac di mobil. Komponen ac tersebut sangat ada banyak sekali. Komponen tersebut memiliki tugas dan fungsinya masing-masing yang sangat memengaruhi satu sama lain. Karena hal itu, apabila ada salah satu komponen yang mengalami kerusakan, maka akan menghambat kinerja komponen lain. Ac yang diharap bisa menghasilkan hawa dingin justru tidak berfungsi sesuai dengan tugasnya. Tentu saja hal ini akan mengganggu pengendara yang menggunakan mobil tersebut.

Sebelum bisa dirasakan oleh pengendara yang menaiki mobil, freon terlebih dahulu harus melewati komponen yang bernama kompresor ac. Kompresor ac memiliki tugas untuk mengubah atau mengompres suhu freon yang berada di suhu rendah menjadi freon dengan suhu tinggi yang selanjutnya dialirkan menuju kondensor ac. Kompresor ac mobil memiliki dua saluran yang terhubung ke komponen yang berbeda. Saluran hisap menghubungkan kompresor ac ke komponen yang bernama evaporator. Sedangkan saluran buang menghubungkan kompresor ac menuju kondensor. Kedua saluran ini menggunakan teknologi high dan low pressure yang disesuaikan dengan tugas dan fungsi masing-masing saluran.

Selain yang sudah dijelaskan, kompresor ac memiliki bagian-bagian yang penting untuk diperhatikan. Pertama, kompresor ac memiliki bagian yang bernama penutup kompresor ac yang berada di depan. Katup ini bertugas untuk melakukan penjagaan terhadap kompresor ac bagian dalam. Bagian selanjutnya adalah piston kompresor. Piston adalah bagian yang berfungsi untuk memberikan tekanan secara konsisten agar suhu freon mengalami peningkatan. Tekanan ini yang akan membuat freon akhirnya siap untuk disalurkan menuju kondensor untuk mendapat proses selanjutnya. Bagian katup kompresor bagian belakang juga memiliki fungsi yang sama dengan tutup kompresor depan. Tutup ini memiliki tugas untuk menjaga bagian dalam kompresor agar tetap terjaga dengan baik.

Valve out merupakan nama pipa yang menghubungkan kompresor dengan kondensor. Gas freon yang sudah memiliki suhu yang tinggi selanjutnya akan disalurkan menuju kondensor melalui jalur valve out untuk diubah menjadi bentuk cairan. Nantinya, freon ac akan melalui proses yang lain ketika sudah sampai pada komponen yang bernama kondensor. Kebalikan dari valve out, valve in merupakan pipa yang menyambungkan kompresor dengan evaporator. Freon yang memiliki suhu yang dingin akan kembali mengalami proses yang sama setelah melalui pipa bernama valve in.

Dalam menjalankan tugasnya untuk menghasilkan hawa dingin yang dihasilkan dari proses pengubahan freon, dibutuhkan komponen lain agar semua komponen ac yang terhubung dengan pipa bisa berfungsi secara optimal. Komponen tersebut bernama kipas ac. Kipas ac merupakan salah satu komponen penting yang harus selalu dijaga keadaannya. Biasanya ketika mengalami kerusakan, Kompresor ac mobil berisik. Salah satu penyebab kebisingan tersebut adalah adanya kerusakan pada kipas ac. Bila tidak ditangani dengan tepat dan cepat, kerusakan lain pada komponen ac seperti kompresor ac juga akan sangat mungkin terjadi.

Ada banyak sekali penyebab kompresor ac rusak. Salah satu yang bisa dilakukan oleh pengguna ac mobil adalah dengan memperhatikan manometer. Manometer merupakan alat pengukur kinerja ac mobil. Bila sudah mengalami penurunan, anda bisa melakukan cek pada manometer mengenai komponen ac mobil yang mengalami kerusakan. Bila kerusakan yang terjadi pada komponen ac bisa terdeteksi dengan menggunakan manometer, tentu hal tersebut merupakan suatu hal yang mudah karena bisa langsung diketahui komponen mana yang perlu dilakukan perbaikan. Namun, hal yang cukup sulit diperbaiki adalah ketika pipa yang saling menghubungkan komponen mengalami kerusakan.

Kerusakan pada pipa yang menyambungkan berbagai macam komponen ac tidak bisa diidentifikasi secara langsung. Diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh agar kerusakan tersebut bisa ditemukan. Bila pipa yang mengalami kerusakan, maka anda perlu membawanya kepada pihak yang lebih ahli agar bisa segera diperbaiki. Menunda untuk memperbaiki komponen mobil yang rusak bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan bila anda ingin mengeluarkan lebih banyak uang untuk perbaikan. Meskipun diawali dengan kerusakan kecil, tapi bila tidak ditangani dengan cepat tentu hal ini bisa menjadi cara agar komponen lain juga ikut rusak karena semua komponen dalam mobil saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Kompresor ac dalam mobil menjadi komponen yang harus diperhatikan kondisinya. Kompresor ac merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan jantung manusia. bila jantung tidak dirawat secara optimal, tentu saja pemompa yang diperlukan oleh mobil akan memengaruhi kinerja komponen lain yang dapat menghasilkan hawa dingin melalui freon yang dihembuskan dalam ac mobil.

Cara merawat komponen dalam mobil adalah melakukan cek secara berkala. Anda bisa membawa kendaraan anda secara langsung ke bengkel resmi atau bengkel lain yang lebih anda percaya. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, melakukan perawatan secara berkala bisa digunakan sebagai langkah awal penghematan. Dengan melakukan perawatan secara berkala tentunya akan ada banyak komponen yang mengalami kerusakan yang bisa dideteksi sejak dini. Bila komponen yang mengalami kerusakan bisa dibetulkan sedari awal, maka pengeluaran yang harus anda keluarkan tidak akan terlalu besar.

Cara lain yang bisa anda lakukan sendiri dari rumah anda adalah dengan menjaga kebersihan mobil, baik kebersihan mobil yang bisa langsung terlihat ataupun kebersihan berbagai macam komponen yang ada dalam mobil. Menjaga kebersihan bisa dijadikan cara perawatan. Misalkan kompresor ac yang ada dalam mobil. Bila anda bisa membersihkan dengan benar, tentu tidak ada debu atau kotoran yang akan menghambat kinerjanya. Hal yang sama juga bisa anda lakukan dengan membersihkan komponen lain, seperti kondensor, kipas ac, pipa dan lain sebagainya.

Agar anda tidak salah dalam melakukan pembersihan, ada baiknya bagi anda untuk menambah wawasan di bidang otomotif dengan memperbanyak referensi di bidangnya. Apalagi di zaman sekarang ini akan sangat mudah mencari literasi di bidang terkait. Anda bisa dengan mudah mencari artikel tentang pembahasan yang ingin anda ketahui. Atau bisa juga anda mengetahui berbagai macam informasi otomotif dengan melihat video yang dibagikan secara gratis di youtube.