Berikut Adalah Penyebab Master Rem Rusak

by -91 views
master rem mobil

Mungkin beberapa dari anda sudah mengetahui mengenai master silinder. Master silinder sendiri adalah salah satu piranti yang mana sangat memengaruhi rem mobil yang anda miliki. Hal ini dikarenakan, komponen yang dimilikinya akan memberikan dorongan terhadap minyak rem yang ada. Dengan hal ini, minyak rem akan lebih aktif saat pedal rem diinjak.

Hal ini juga yang menyebabkan, jika master rem mobil bermasalah maka akan menyebabkan kondisi rem kurang baik. Berikut ini akan diberikan beberapa ciri master rem mobil rusak, hingga bagaimana mengatasi master rem mobil yang rusak atau terganggu.

Ciri master rem mobil yang mengalami kerusakan

Master rem mobil sendiri, adalah salah satu komponen yang wajib dimiliki pada sistem pengereman. Dalam hal ini, dapat digunakan untuk sistem pengereman hidrolik yang dimiliki motor atau mobil. Lokasi dari master rem mobil sendiri, berada setelah pedal rem. Hal ini juga akan membuat ubahan dorongan yang dimiliki pedal menjadi hidrolik.

Jika master rem mobil bermasalah, maka salah satu ciri master mobil rem yang rusak adalah saat anda menginjak pedal rem. Dalam hal ini, rem akan terasa amblas. Walaupun secara keseluruhan keadaan rem masih berfungsi dengan baik namun saat anda akan menahan rem yang ada maka pedal rem akan terus amblas.

Dalam hal ini, merupakan bahwa piston yang dimiliki oleh master rem mobil mulai bocor walaupun masih dalam kategori yang ringan. Apabila ciri master rem mobil rusak berat akan membuat rem blong. Hal ini terjadi ketika anda menekan pedal rem yang ada, pedal akan terasa ringan dan langsung masuk begitu saja. Hal ini juga akan terjadi berulang-ulang.

Cara mengatasi masalah master rem mobil rusak

Dalam hal ini, master rem mobil memang memiliki beberapa komponen penyusun seperti seal, piston dan juga silinder. Dalam hal ini, jika anda menemukan ciri master rem mobil rusak anda dapat membawanya langsung ke bengkel resmi. Namun nantinya memang anda akan diharuskan untuk mengganti satu unit master rem mobil walaupun kerusakan yang dimilikinya ringan.

Misalkan untuk master rem mobil bermasalah pada bagian silinder, tentunya dalam hal ini anda diharuskan untuk melakukan penggantian satu unit dari master rem mobil yang ada. Hal ini tidak dapat di lakukan penggantian secara per part atau bagian.

Walaupun memang terdengar mudah, namun master rem mobil yang bermasalah ini harus secara langsung di tangani oleh orang yang ahli. Hal ini dikarenakan master rem mobil ini diperlukan kunci khusus yang hanya dimiliki oleh bengkel. Walaupun anda memilikinya, akan lebih baik jika membawanya ke yang lebih ahli.

Perkiraan biaya untuk melakukan penggantian master rem mobil

Dalam hal ini, untuk anda yang di haruskan untuk melakukan penggantian satu unit master rem mobil, maka persiapkan biaya kurang lebih satu juta. Hal ini dikarenakan kisaran harga spare part orisinil yang akan membuat master rem mobil anda bertahan lebih lama dan dipastikan aman untuk digunakan.

Namun, untuk anda yang ingin menggunakan merek after sales, harga yang ada juga bervariasi yaitu kisaran  1jutaan bahkan ada juga yang berkisar dua ratus ribuan. Dalam hal ini, anda bebas untuk menentukan akan membeli master rem mobil orisinal atau aftersales. Kualitas memang berbeda, jika anda bingung tentunya anda meminta saran kepada pihak bengkel untuk melakukan penggantian master rem mobil.