Melakukan Test Thermostat Ford Ecosport

by -661 views
thermostat ford ecosport

Melakukan Test Thermostat Ford Ecosport

Sambungkan koneksi OBD2 dari port OBD2 di Ford Ecosport ke laptop dan buka program FORScan.

Masuk ke fungsi monitor pada FORScan dan pilih sensor-sensor di bawah ini:

  • IAT – Intake Air Temperature Sensor
  • ECT – Engine Coolant Temperature Sensor
  • LOAD – Engine Load
  • VSS – Vehicle Speed Sensor (VSS)
  • RPM – Engine Speed
  • DSRPM – Desired Engine Speed

Nilai output dari sensor IAT (Intake Air Temperature) akan berguna jika mesin yang sedang diuji dalam keadaan dingin atau mesin sudah tidak dihidupkan semalaman. Output dari sensor ECT (Engine Coolant Temperature) penting untuk ditampilkan karena menunjukkan suhu dari mesin dan nilai temperatur pembukaan untuk thermostat. Awalnya akan menunjukkan nilai ouput sedikit lebih tinggi tepat sebelum thermostat terbuka dan kemudian turun kembali.

PERINGATAN: Jika output sensor ECT mencapai 120ºC pada keadaan sistem pendinginan yang normal, maka kerusakan internal dapat terjadi pada mesin dan DTC akan dimunculkan oleh PCM. Tes harus dihentikan dan penyebabnya harus dicari dan diperbaiki. Jika sistem pendingin kehilangan bertekanan (pressurize), cairan coolant akan mendidih pada 100ºC yang mungkin juga akan merusak mesin.

Jika peralatan diagnostik hanya menampilkan nilai output dari sensor ECT dalam bentuk satuan volt, tabel berikut untuk nilai Celcius yang sesuai:

suhu-thermostat-ford-ecosport

Tampilan RPM menunjukkan kecepatan mesin dan dapat dibandingkan dengan DSRPM.

DSRPM adalah RPM idle yang diinginkan atau dihitung dimana PCM memerintahkan mesin untuk mencapai nilai DSRPM tsb. Jika thermostat dibuka terlalu dini (sebelum suhu pembukaan yang benar telah tercapai), maka mesin tidak akan mencapai nilai DSRPM ini.

Jalankan Ford Ecosport anda dengan normal dan pedal gas secara konstan, dan perhatikan nilai output dari sensor ECT, jika garis nya naik dan turun lalu tetap pada nilai yang sama setelah turun, itu menandakan bahwa thermostat ford ecosport anda bekerja dengan normal. Suhu harus naik menjadi sekitar 90ºC untuk termostat yang memiliki nilai 82ºC. Nilai suhu tersebut akan turun saat pendingin memasuki mesin.

test thermostat ecosport