Analisa dan Pengaruh serta Akibat Melepas Thermostat Dari Mesin Mobil

by -23 views
melepas thermostat

Apakah terdapat keuntungan jika anda melepas thermostat dari Mesin Mobil? Kebanyakan kendaraan sekarang telah dirancang dan didesain lengkap dengan thermostat. Keberadaan thermostat ini berguna untuk meningkatkan efisiensi mesin agar lebih optimal.

Suhu atau temperatur kerja mesin yang terjaga mampu menghasilkan tenaga mesin yang jauh lebih maksimal dan konsumsi bahan bakar atau BBM yang relatif lebih baik. Karena, suhu kinerja yang bisa cepat tercapai akan mampu menghemat penggunaan bahan bakar. Akan tetapi, jika anda melepas thermostat dari mesin, maka anda akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama agar bisa mencapai target sempurna. Biasanya, suhu atau temperatur mesin bisa mencapai 85 sampai 95° celcius.

Berikut ini merupakan Analisis yang mungkin saja bisa terjadi seandainya anda melepas atau mencabut thermostat dari mesin. Sebagai contoh, mesin dari mobil Ford Ecosport dengan tujuan agar bisa sama – sama paham kenapa bisa tidak baik melepas thermostat dari mesin. Mari perhatikan gambar di bawah ini agar anda mendapat pemahaman lebih jelas mengenai aliran air radiator di dalam mesin.

melepas thermostat mobil

Saat mesin baru saja dihidupkan, maka suhu air radiator masih dalam keadaan dingin. Maka, thermostat akan tertutup serta air radiator yang dipompa oleh water pump akan masuk ke bagian samping silinder (water jaket), dan ke sekeliling silinder lalu masuk ke dalam silinder head. Nah, dari silinder head inilah air pendingin akan dipompa oleh water pump dan kembali seperti semula.

Saluran By Pass, merupakan sebuah saluran yang memiliki kaitan atau hubungan erat dengan water pump saat masih dalam keadaan terbuka. Hal ini dikarenakan By Pass Valve yang ada pada thermostat belum menutup secara penuh saluran by pass.

Dengan memperhatikan gambar di samping, maka anda akan melihat ada bagian-bagian dari thermostat yang memiliki katup by pass. Dengan sirkulasi pendek pada cairan pendingin mesin tersebut, akan membantu mempercepat tercapainya suhu kerja mesin. Untuk lebih jelas, silahkan lihat Sistem Kerja Thermostat Mesin.

Saat air pendingin yang berada pada bagian mesin (water jaket) telah mencapai pada suhunya. Maka, by Pass Valve utama thermostat akan terbuka dan By Pass Valve akan menutup saluran By Pass yang ada pada mesin.

Ketika saluran by pass telah tertutup oleh ByPass valve Thermostat, maka Valve Utama Thermostat pun akan ikut terbuka dan membuat air bergerak dari radiator yang sudah didinginkan oleh kipas radiator sebagai pendingin mesin.

Dampak Dari Melepas Thermostat Mobil

Saat thermostat telah dilepas dari sirkulasi air pendingin mesin,maka saluran By Pass dengan jarak lebih pendek dalam menyalurkan air pendingin dan akan selalu terbuka karena tidak ada lagi yang menutup saluran tersebut.

Disaat mesin bekerja terlalu berat atau terlalu lama, maka hisapan water pump akan berkurang untuk mengalirkan saluran air yang sudah didinginkan dari saluran By Pass. Sehingga tidak heran jika saat mobil melaju cepat akan terjadinya overheat atau mesin terlalu panas karena air yang bisa dihisap radiator telah berkurang. Jika hal ini sering terjadi, maka akan berdampak tidak baik bagi mesin bahkan dapat menyebabkan radiator tersumbat.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa seandainya thermostat dicabut dari mesin, maka hanya air panas yang bersumber dari silinder head yang akan diputar lebih banyak. Sangat jelas bukanlah air yang telah dibuang panasnya atau suhunya oleh kipas radiator.