Mengenal ABS Pada Ford Ecosport

by -150 views

Mengenal ABS pada Ford Ecosport, ABS atau Anti-lock Brake System dan Stability Control Systems terdiri dari modul-modul sub-sistem yang membantu pengemudi dalam mempertahankan kendali kendaraan, modul-modul tersebut adalah :

  • ABS (Anti-lock Brake System)
  • EBD (Electronic Brake force Distribution)
  • Traction Control
  • Electronic Stability Control (ESC)
  • Hill Start Assist

ABS pada Ford Ecosport membantu mempertahankan kontrol kemudi (steering control) dengan mencegah roda terkunci selama pengereman mendadak. ABS juga berfungsi menyediakan tekanan rem yang maksimum saat terjadi pengereman yang parah.

Sistem EBD (Electronic Brake force Distribution) membantu menjaga kontrol kendaraan dengan menjaga kondisi pengereman yang seimbang antara roda depan dan belakang.

Traction Control membantu mencegah hilangnya traksi dengan mengurangi drive-wheel spin selama akselerasi.

Electronic Stability Control (ESC) membantu mencegah roda selip atau slide lateral dengan mengaktifkan bagian dari ABS pada Ford Ecosport.

Hill Start Assist dirancang untuk membantu pengemudi dalam keadaan mobil menanjak. Menggunakan ABS (anti-lock brake system), yang Hill Start Assist nya diaktifkan akan menahan mobil pada tanjakan untuk waktu yang singkat, memungkinkan pengemudi untuk lepaskan pedal rem dan tekan pedal gas tanpa perlu menggunakan rem tangan.

Komponen ABS pada Ford Ecosport dan pendukungnya

ABS pada Ford Ecosport

  1. ABS (anti-lock brake system) module dan HCU (hydraulic control unit)
  2. Sensor kecepatan roda belakang
  3. RCM (restraints control module)
  4. Sensor kecepatan roda depan