Ketahui Apa Penyebab Air Radiator Masuk Ke Mesin

by -110 views
penyebab air radiator masuk ke mesin

Salah satu kendala ketika memiliki mobil adalah adanya masalah pada air radiator. Terkadang, kita menjumpai air radiator yang masuk ke mesin mobil, dan bahkan sampai ke ruang bakar mesin. Sebenarnya, Anda bisa mendeteksi lebih awal ketika ada air radiator yang bocor. Ada penyebab air radiator masuk ke mesin yang bisa mudah dilihat, yaitu ketika air radiator muncrat saat Anda mulai menstarter kendaraan, atau ketika Anda menginjak pedal gas ketika tutup radiator dibuka.

Akibat dan Dampak yang Diakibatkan dari Air Radiator yang Masuk Ke Silinder Mesin

Beberapa dampak yang bisa Anda lihat ketika air radiator masuk ke silinder atau bahkan ruang pembakaran mesin adalah sebagai berikut.
1. Air radiator yang tidak tampak bocor tapi selalu kurang, terlebih jika mobil digunakan untuk perjalanan puluhan kilometer. Meskipun tidak tampak adanya kebocoran atau tetas air dari sekitar mesin, tetapi air radiator mobil akan selalu kekurangan.

2. Ketika digunakan pada kondisi tertentu yang cukup ekstrem, seperti ketika berkendara dengan kecepatan tinggi, mesin akan mbrebet. Bisa juga ketika mesin dalam putaran rendah, mesin pun akan tetap mbrebet. Hal tersebut bergantung dari separah apa kebocoran yang dialami air radiator.

3. Bisa juga lampu check engine menyala. Biasanya ketika sedang berkendara dalam kecepatan tinggi, kemudian air radiator yang masuk ke ruang pembakaran pun membuat pembakaran pada mesin ikut terganggu. Mesin akan bergetar dengan sangat keras, tapi mendadak lemah.

Pada beberapa mobil, getaran yang terlalu keras pada silinder mesin akibat dari air radiator yang masuk ke pembakaran, akan menyebabkan random atau multiple cylinder misfire detected, yang kemudian terbaca oleh ECU atau DTC P0300. ECU pun langsung mengaktifkan indikator check engine.

Lalu, apa sebenarnya penyebab air radiator masuk ke mesin? Yakni diakibatkan oleh gasket silinder head yang mengalami kerusakan. Bisa juga karena pack kop mesin mengalami kebocoran, karena silinder head melengkung atau juga tidak rata karena mesin yang terlalu panas.

freeze plug expansion plug penyebab air radiator masuk ke mesin

Untuk mengatasi air radiator yang masuk ke pembakaran mesin, coba lakukan beberapa hal berikut ini.
1. Coba gantilah gasket silinder head yang ada pada mesin,

2. Pada permukaan silinder yang tidak rata, lakukan perataan. Bisa juga Anda mengganti kepala silindernya.

3. Pastikan juga bahwa sistem pendingin pada mesin selalu normal. Pastikan tidak ada kebocoran, cek kipas radiator serta aliran air radiator, pastikan tidak mengalami sumbatan apa pun.