Penyebab Oli Mobil Berkurang Dan Cara Mengatasinya

by -16 views
penyebab oli mobil berkurang

Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan ketika memiliki sebuah kendaraan bermotor, penyebab oli mobil berkurang misalnya. Mobil yang anda gunakan sehari-hari sebaiknya mendapat perawatan yang tepat karena akan sangat berpengaruh terhadap aktivitas yang sedang anda jalankan. Dapatkah anda membayangkan bagaimana bila kondisi mobil sedang tidak prima, padahal ada sebuah acara yang mengharuskan anda menggunakan mobil pribadi anda? Tentu saja hal tersebut sangat tidak nyaman bila benar-benar terjadi.

Cara merawat mobil ada berbagai macam. Salah satunya adalah dengan memerhatikan kondisi mesin pada mobil. Namun, seringkali oli yang ada dalam mobil bisa mendadak habis. Padahal tidak ada penggunaan yang berlebihan. Salah satu hal yang pasti langsung terpikirkan dalam otak anda adalah pasti terdapat kebocoran sehingga oli bisa berkurang dalam jangka waktu yang singkat? Hal tersebut memang mungkin saja bisa terjadi. Namun, hal yang harus anda perhatikan adalah ada banyak penyebab yang mengakibatkan oli dalam mobil anda menjadi hilang dalam waktu sekejap. Apa sajakah itu?

Penyebab Oli Mobil Berkurang #1

Drain plug mengalami kebocoran

Drain plug adalah salah satu komponen dalam mobil yang memiliki tugas sebagai jalur pembuangan oli yang sudah digunakan pada mesin mobil. Drain plug memiliki bentuk menyerupai baut yang memiliki ulir. Di bawah ulir, terdapat carter yang digunakan sebagai baut. Baut drain plug sudah dipenuhi dengan pelindung yang bisa berguna untuk merawat drain plug atau bisa memperpanjang usia drain plug. Namun, hal tersebut bukan menjadi jaminan bahwa drain plug bisa bertahan lama. Panasnya suhu mesin mobil yang anda gunakan bisa menjadi salah satu hal yang menyebabkan mengapa pelindung drain plug cepat mengalami kerusakan. Bila hal ini terus terjadi, lama-kelamaan drain plug juga mengalami pengeroposan sehingga oli yang tersimpan dalam mesin mobil semakin cepat mengalami penghabisan.

Penyebab Oli Mobil Berkurang

Penyebab Oli Mobil Berkurang #2

Oil pan tidak berfungsi dengan baik

Oli pan biasa disebut dengan carter. Seperti yang telah dijelaskan, carter berfungsi untuk digunakan sebagai wadah guna menampung oli yang akan digunakan pada mesin mobil. Oil pan atau carter dihubungkan pada blok mesin dengan menggunakan sebuah penyambung atau lem yang disebut dengan lem sealant. Keadaan yang bermasalah, yaitu ketika sambungan antara oil pan atau carter dengan blok mesin tidak terhubung dengan baik. Oli akan rembes atau bocor secara perlahan mengikuti sambungan yang mengalami kerusakan.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberi lapisan lem baru dengan kualitas yang baik. Hal ini sangat berfungsi apabila kondisi mesin dan komponen yang lain masih dalam kondisi yang prima. Sehingga bagian mobil yang harus diganti hanyalah lemnya saja.

penyebab oli mobil berkurang

Penyebab Oli Mobil Berkurang #3

Oli yang menguap

Mesin yang digunakan dalam kendaraan akan mengeluarkan suhu yang tidak rendah atau bisa dibilang kendaraan bermotor yang digunakan bisa menyebabkan suhu mesin menjadi tinggi. Suhu yang tinggi juga bisa menyebabkan oli yang berada di dalam mesin menjadi menguap. Oli yang menguap biasanya melewati suatu saluran yang disebut dengan PVC. Uap oli menjadi bermasalah bila saluran PVC juga mengalami kendala, seperti tidak bisa menyaring oli dengan benar. Bila sudah demikian, hal yang harus dilakukan adalah dengan mengganti penyaring yang ada di PVC. Namun, bila permasalahan bukan berasal dari PVC, mungkin anda bisa mengganti oli yang sedang anda gunakan dengan oli yang memiliki kualitas yang lebih baik.

Penyebab Oli Mobil Berkurang #4

Seal klep mengalami kerusakan

Kebocoran suatu cairan dalam mesin kendaraan bermotor seperti mobil ford tidak selamanya bisa terlihat karena kebocorannya berada di luar. Ada pula jenis kebocoran yang terjadi di dalam mesin itu sendiri. Kebocoran seperti ini biasanya terjadi ketika katup atau tutup seal mengalami suatu masalah. Bila sudah mengalami kerusakan, oli yang berasal dari tabung silinder yang awalnya berfungsi untuk memberi lumas dalam mekanisme katup menjadi terbuang sehingga terbawa dalam saluran buang dan ambil. Bila terus demikian, hal yang akan terjadi adalah jumlah volume oli yang tersimpan akan sangat berkurang dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Salah satu tanda yang bisa anda lihat bila seal klep yang mobil anda miliki mengalami masalah adalah bila asap yang dikeluarkan berwarna putih, tapi tidak ada permasalahan yang terjadi power dan proses penghidupan mesin. Bila hal ini sudah terlanjur terjadi, beberapa cara yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pembongkaran pada daerah kepala atau atas silinder mesin yang melakukan pelepasan katup. Hal tersebut dipaksa dilakukan karena mengganti seal klep berarti harus mengganti katup yang sedang digunakan.

Penyebab Oli Mobil Berkurang

Penyebab Oli Mobil Berkurang #5

Silinder mesin dan ring piston mengalami aus

Silinder mesin dan ring piston seringkali mengalami aur karena terlalu banyak melakukan pekerjaan. Hal ini semakin sering terjadi bila dilihat pada mesin diesel. Mesin diesel membutuhkan energi yang lebih banyak untuk menjalankan fungsinya sehingga silinder mesin dan ring piston yang dimiliki menjadi lebih cepat aus. Tanda yang bisa anda perhatikan hampir sama dengan apa yang bisa terlihat di masalah nomor empat. Namun, hal yang membedakan adalah bila silinder mesin dan ring piston mengalami kendala, maka terjadi permasalahan saat tombol power atau mesin dinyalakan di saat-saat atau kondisi tertentu.

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk melakukan cek apakah silinder mesin dan ring piston anda mengalami masalah atau tidak adalah dengan melaksanakan tes kompresi. Gunanya adalah untuk mengetahui kondisi silinder mesin dan ring piston yang anda miliki. Bila hasil tes yang telah dilakukan ternyata dinilai buruk, anda bisa dengan cepat menentukan langkah tepat apa yang harus dilakukan.

Baca juga : Ganti Minyak Rem Mobil untuk Menjaga Performa Tetap Maksimal

Hal remeh lain yang seharusnya anda perhatikan adalah ketika melakukan pengisian ulang oli, baiknya untuk memerhatikan apakah jumlahnya sudah sesuai dengan takaran atau belum. Jangan sampai karena hal remeh ini mesin pada mobil anda mengalami kerusakan.