Berikut Alasan Utama Rem Mobil Bunyi

by -156 views
rem mobil bunyi

Rem sendiri adalah salah satu aspek, dimana merupakan salah satu keselamatan yang ada saat berkendara. Dalam hal ini, terkadang rem mobil bunyi saat diinjak. Banyak orang yang belum mengetahui mengapa hal ini terjadi. Dalam hal ini, rem bunyi yang muncul dapat di indikasikan oleh banyak hal. ada beberapa masalah yang ringan bahkan masalah yang berat sekalipun. Namun hal tersebut harus tetap diwaspadai.

Berikut ini adalah beberapa indikasi yang muncul, saat rem bunyi saat diinjak

  1. Kampas rem yang ada telah habis, dapat menjadi salah satu indikasi mengapa rem mobil bunyi duk saat diinjak. Dalam hal ini, salah satu penyebab rem mobil bunyi adalah kampas rem yang bergesekan dengan disc brake, dan menyebabkan kampas rem mobil bunyi.
  2. Rem bunyi duk juga menjadi suatu tanda, bahwa kanvas rem yang digunakan kurang berkualitas.
  3. Dengan kampas rem bunyi juga menjadi salah satu hal, yang menunjukkan bahwa dalam permukaan rem sendiri terdapat kotoran seperti debu yang terjepit. Debu tersebut berada di antara kanvas, dan menimbulkan bunyi yang terjadi.

Penyebab rem mobil bunyi saat diinjak

Adanya percikan air

Memang air memiliki sifat yang digunakan untuk membersihkan, namun untuk mobil hal inilah yang membuat rem mobil bunyi. Namun dalam hal ini, bunyi akan hilang dengan sendirinya.

Tetesan oli

Salah satu hal yang mengganggu proses pengereman adalah oli, bahkan rem mobil bunyi duk juga disebabkan oleh oli. Hal ini dikarenakan oli dapat menyebabkan kanvas dan juga disc brake akan lebih licin saat bergesekan, inilah yang dapat membuat rem mobil bunyi.

Terjadi akibat debu dan juga kotoran padat

Jika disc brake memiliki kotoran debu atau hal lainnya, hal ini tentu saja akan menghalangi pada rem saat akan melakukan pengereman. Hal inilah yang akan membuat rem mobil bunyi. Biasanya masalah ini sering terjadi pada sistem tromol yang memiliki desain yang tertutup.

Pedal rem yang kurang pelumas

Penyebab lain yang membuat rem mobil bunyi duk saat di rem adalah, engsel yang dimiliki oleh pedal rem sendiri kurang di lumasi. Dalam hal ini, engsel rem membutuhkan pelumas seperti salah satunya grease. Jika memang kekurangan pelumas, maka hal inilah yang akan membuat suara saat pedal rem diinjak atau ditekan.

Dari keempat penyebab dari rem mobil bunyi, maka hal ini dapat dihindari dengan beberapa cara. Salah satu caranya yaitu dengan rutin membersihkan pada rem. Dalam hal ini, anda dapat melakukan service secara berkala ke bengkel. Nantinya juga di dealer, akan di lakukan pengecekan termasuk dengan sistem pengereman yang ada.

Cara mengatasi rem mobil bunyi saat diinjak

  1. Cobalah untuk melepaskan brake pada yang ada, dan bersihkan menggunakan cairan brake cleaner. Dalam hal ini, cairan ini sanggup untuk membilas dengan bersih cairan oli yang terdapat pada permukaan pada
  2. Anda juga dapat memberikan cairan disc brake, yang mana akan membuat rem terbebas dari debu dan juga oli
  3. Jika nantinya rem mobil terkena hujan, langsunglah bilas menggunakan air bersih yang memiliki Ph Netral. Hal ini akan membantu untuk mengurangi rem mobil yang bunyi.
  4. Cobalah untuk melakukan amplas, pada permukaan pada rem namun hanya dengan menggunakan permukaan kasarnya. Hal ini untuk membuat permukaan yang dimiliki pada rem lebih kasar dan tidak menimbulkan slip saat pengereman terjadi.
  5. Jika anda masih mendengar rem mobil bunyi, dalam hal ini anda dapat melakukan penggantian kampas rem yang sesuai dengan standar mobil anda.