Transmission Hot Pada Mobil Ford

by -46 views

Pernahkah anda melihat peringatan Transmission Hot pada mobil Ford ? Peringatan tersebut bukan mengatakan bahwa transmisi mobil ford anda rusak, akan tetapi untuk memperingati kita bahwa kopling DCT (Dual Cluth Transmission) sedang panas.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa transmisi DPS6 pada mobil ford itu adalah tipe kering, yang artinya tidak memakai oli untuk sistem pendinginnya. Dikarenakan tidak memakai oli untuk pendinginnya, maka yang dipakai adalah udara untuk pendinginnya, ketika muncul peringatan “Transmission hot – stop the vehicle or speed up” diharapkan dengan menambah laju mobil ford anda, maka akan lebih banyak udara yang melewati bagian luar transmisi dan akan mendinginkan transmisi dan kopling DCT tersebut.

Suhu pada kopling mobil ford yang memakai transmisi DPS6, dihitung melalui sebuah model dalam TCM (Transmission Control Module).

Variabel-variabel berikut ini yang menjadi faktor dalam perhitungan tersebut:

  1. Torsi mesin
  2. Sinyal kecepatan rotasi dari ISS (Input Shaft Speed) A, ISS (Input Shaft Speed) B, OSS (Output Shaft Sensor) dan kecepatan mesin
  3. Perhitungan perpindahan torsi kopling.

Fungsi “Hot Mode” digunakan untuk mencegah rusaknya kopling akibat suhu yang sangat tinggi. Ketika “Hot Mode” aktif, kopling akan lebih cepat bekerja dan torsi mesin akan berkurang.

Bila suhu kopling mencapai perkiraan yang akan menyebabkan kerusakan pada lapisan kopling, maka akan ditampilkan pesan sebagai berikut:

  1. Transmission hot – stop the vehicle or speed up (hentikan kendaraan atau tambah kecepatan)
  2. Transmission hot – wait
  3. Transmission hot – wait 10 minutes (tunggu selama 10 menit)

Begitu suhu kopling sudah menurun, pesan “Transmission ready for operation” akan muncul di layar head unit.

Bila suhu kopling sudah mencapai lebih dari 300 C (572 F), maka kopling akan terlepas dengan sendirinya.

Jadi, jika anda sedang mengendari mobil ford dalam kondisi jalanan sedang macet, sebaiknya biasakan memindahkan perseneling ke posisi N dan jangan terlalu sering stop and go, karena hal tersebut akan menyebabkan munculnya warning Transmission Hot pada kendaraan ford anda. Jika peringatan Transmission Hot muncul terus menerus selama beberapa hari, segera kunjungi bengkel resmi ford di daerah anda masing-masing.

sumber video : Channel Frank Lalamentik