,

Fakta Mengenai Tune Up Mobil

by -6 views
tune up mobil

Semua komponen yang di produksi oleh mesin, tentunya sudah mengalami tingkat presisi yang sangat tinggi. Namun dalam hal ini, tidak membuat semua mobil yang di produksi akan memiliki performa yang bagus selamanya. Hal ini juga dibuktikan, dengan banyaknya bagian mesin yang komponennya sering sekali mengalami gesekan. Fakta Mengenai Tune Up Mobil

Gesekan inilah tentunya akan memengaruhi bagaimana sebuah dimensi, yang ada dari komponen yang saling bergesekan akan mengalami deformasi. Deformasi ini bahkan akan terjadi, jika digunakan secara terus menerus. Hal ini juga yang menjadi awal mula munculnya istilah dari tune up mobil yang ada pada pekerjaan service pada mobil.

Namun banyak yang belum mengetahui apa itu tune up mobil? Bagaimana cara tune up mobil? Apa pengertian tune up mobil sendiri? Dan masih banyak lagi. Berikut ini akan kamu berikan penjelasan secara lengkapnya.

Pengertian tune up mobil

Tune up mobil adalah dapat juga diartikan dengan melakukan setting kembali. Dalam hal ini, tune up mobil merupakan salah satu pekerjaan yang aman akan memberikan standardisasi untuk semua komponen yang ada. Bahkan bukan hanya komponen saja, melainkan juga untuk sistem pada kendaraan mobil yang ada, yang mana semula memiliki kondisi yang baik dengan cara penyetelan dan juga melakukan pembersihan.

Dalam hal ini, tune up juga memiliki tujuan aktivitas, yang mana antara lain:

  1. Dengan melakukan tune up untuk mobil, maka nantinya mobil akan di lakukan pengembalian performa yang dimiliki akan seperti sedia kala dan baru lagi.
  2. Hal ini di lakukan juga untuk melakukan pencegahan, yang mana akan terjadi seperti kerusakan pada mobil yang anda miliki.
  3. Di lakukannya tune up mobil juga dikarenakan untuk melakukan berbagai pengecekan. Dalam hal ini akan di lakukan pengecekan untuk beberapa komponen mobil yang ada, apakah memang komponen tersebut masih dalam keadaan yang baik atau perlu di lakukan penggantian.

Lalu apa yang membedakan tune up dengan service pada umumnya?

Memang dalam proses tune up untuk mobil sendiri, dikerjakan saat anda akan melakukan service. Dalam hal ini anda dapat melakukan service rutin di bengkel. Namun cara pengerjaannya pun akan berbeda. Tune up mobil sendiri akan memiliki pengerjaan yang lebih bervariasi. Bahkan pengerjaan yang di lakukannya pun, akan jauh lebih banyak dan memakan waktu juga biaya yang cukup tinggi.

Jika pengerjaan service biasa, pengerjaan yang di lakukan juga cukup sederhana seperti dengan hanya melakukan pengecekan biasa pada filter udara, melakukan pengecekan pada fluida, injeksi atau melakukan pengecekan rem yang ada tanpa melakukan pengecekan mesin pada bagian dalam. Namun hal ini berbeda dengan apa yang di kerjakan oleh tune up sendiri. Tune up mobil, akan melakukan pengerjaan pada bagian dalam mesin, bahkan sistem katup juga akan di lakukan pengecekan.

Komponen pada tune up mobil

Pada proses tune up sendiri, ada memang beberapa komponen yang cukup sensitive dan dimiliki oleh mobil. Dalam hal ini tentunya di perlukan beberapa pengecekan yang di lakukan secara berkala agar dapat mengetahui apakah komponen tersebut, masih masuk ke dalam kategori standar atau memang tidak. Beberapa komponen yang akan kami sebutkan salah satunya:

1. Di lakukan pengecekan dan juga pembersihan pada filter udara

Dalam hal ini, langkah awal yang di lakukan untuk melakukan pengecekan filter udara sendiri, umumnya mekanik hanya akan melakukan pembersihan pada permukaan filter yang mana membutuhkan bantuan angina berkekuatan tinggi. Namun jika saat di lakukan pengecekan ternyata dalam kondisi yang sangat kotor, maka akan di lakukan penggantian.

Hal ini dikarenakan filter yang sudah sangat kotor, akan sangat sulit untuk dibersihkan kembali. Jika memang dibersihkan, dalam waktu dekat filter juga akan kembali kotor kembali.

2. Melakukan pengecekan karburator dan throttle body

Dalam hal ini, memang masih belum banyak yang mengetahui bagaimana cara tune up secara lebih jelasnya. Untuk mobil yang mana memiliki sistem non injeksi, harus di lakukan pengecekan dan juga melakukan pembersihan untuk karburator yang dimilikinya. Namun jika anda sudah menggunakan sistem injeksi, maka anda hanya akan melakukan tahapan untuk pengecekan dan juga pembersihan untuk throttle body saat tune up mobil di lakukan.

3. Dilakukan pengecekan untuk celah busi dan pembersihan busi

Dalam hal ini, pengecekan untuk celah busi sendiri dilakukan untuk menjaga agar api yang nanti keluar dari busi tidak akan terlalu besar atau terlalu kecil. Memang busi sendiri sudah dibuat di pabrik, namun dikarenakan interaksi yang terus di lakukan maka akan adanya perubahan yang terjadi pada celah busi tersebut. Hal inilah yang penting untuk di lakukan tune up mobil.

4. Melakukan pengecekan dan juga penyetelan untuk celah katup

Untuk mesin yang mana memiliki katup konvensional, maka hal ini wajib di lakukan untuk melakukan penyetelan katup. Hal ini di lakukan agar katup dapat dalam posisi yang standar. Celah normal yang dimiliki katup sendiri juga hanya berkisar 0,2 hingga 0,3 mm. Jika ukurannya semakin besar, maka akan menimbulkan suara yang berisik.

Namun, pada mobil saat ini memang untuk melakukan penyetelan katup sendiri bukan hal yang wajib untuk di lakukan. Hal ini dikarenakan, sistem yang digunakan sendiri sudah tangguh seperti dengan HLA. HLA sendiri adalah penyetelan yang mana di lakukan, untuk melakukan setelan celah secara otomatis namun hanya dengan menggunakan tekanan oli mesin.