Fungsi, Cara Kerja, dan Masalah Water Pump Mesin Mobil

by -33 views
Water Pump Mobil

Salah satu komponen penting pada sistem pendingin untuk mesin kendaraan bermotor ialah water pump atau pompa air. Fungsi dari water pump mobil ini sendiri ialah untuk memompa dan juga melakukan sirkulasi air pendingin atau water coolant yang dipakai untuk mendinginkan pada komponen mesin.

Untuk cara kerja dari water pump ini ialah dengan cara berputar sesuai dengan putaran dari mesin yang sudah di sambungkan dengan menggunakan sebuah sabuk yang terbuat dari poros mesin. Water pump akan menghisap air pendingin ke dalam mesin dan kemudian dikeluarkan lagi ke radiator.

Periksa Water Pump Mobil

Kerusakan yang terjadi di bearing water pump mobil biasanya akan menyebabkan suara yang terdengar kasar di bagian mesin mobil. Hal ini merupakan beberapa masalah yang sering terjadi di waterpump mobil. Sehingga diperlukan pemeriksaan. Untuk memastikan apakah bunyi kasar yang didengar tersebut berasal dari kerusakan bearing waterpump, maka anda harus melepaskan belt pada pulli waterpump dan lalu anda periksa kembali putaran pulli waterpump menggunakan tangan. Apabila pulli water pump mobil terasa kocak maka bunyi kasar dari mesin tersebut datangnya dari water pump mesin.

Untuk memastikan water pump rusak atau tidak anda bisa dengan cara memutar secara perlahan pulli waterpump dan apabila anda rasa putaran pulli waterpump tidak bisa lancar dan tersendat ketika anda putar menggunakan tangan, maka wtarpump mobil anda harus diganti. Karena tidak lancarnya putaran pulli waterpump akan menyebabkan suara yang kasar pada mesin.

Mengalami kebocoran air radiator mesin dari waterpump merupakan masalah lainnya yang kerap terjadi pada waterpump mobil. Anda bisa melihat bocor tidaknya waterpump pada air yang menetes di mesin mobil yang letaknya di bagian kanan mesin mobil. Hal ini terjadi di mesin mobil yang menggunakan penggerak roda depan, misalnya saja mobil sedan. Karena air radiator bocor dari waterpump, maka tentu saja menyebabkan air radiator akan berkurang. Sehingga anda juga harus mengganti waterpump yang baru.

Sebagian dari anda pasti bertanya apakah bisa water pump mobil di servis? Namun jika water pump mobil anda mengalami masalah – masalah seperti yang disebutkan diatas, maka akan lebih baik jika anda membeli water pump mobil yang baru. Beberapa orang akan memberikan sedikit oli di lubang yang menuju ke bearing waterpump bagian luar waterpump, namun cara tersebut tidak akan banyak membantu. Pasalnya water pump yang kocak masih akan terdengar.