Tips Mengetahui Water Pump yang Rusak Pada Mobil Ford

by -233 views
Water Pump Rusak

Pada kesempatan kali ini, anda akan memperoleh informasi mengenai cara untuk mengetahui water pump yang rusak pada sebuah mobil Ford. Silahkan simak artikel singkat di bawah ini dengan seksama.

Water pump adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memompa air radiator supaya bisa bersirkulasi dengan baik guna menjaga suhu kerja mesin. Secara umum, water pump yang ada pada mesin mobil digerakkan oleh suatu alat yang bernama drive belt atau ada yang lebih dikenal dengan sebutan fan belt. Water pump sendiri memiliki puli yang bisa terhubung dengan drive belt dan putaran mesin.

Ciri Atau Karakter Water Pump yang Rusak

Sangatlah baik bagi anda untuk mengetahui ciri ataupun karakter dari water pump yang rusak. Berikut ini adalah ciri-ciri water pump yang telah rusak atau tidak layak pakai lagi.

1. Kenali Bunyi Mesin

Mengenali bunyi yang ditimbulkan oleh mesin adalah salah satu langkah bagi anda untuk mengetahui water pump mesin anda rusak atau tidak. Water pump yang rusak akan mengakibatkan bunyi mesin terdengar lebih nyaring. Kerusakan ini biasanya terjadi akibat dari bearing water pump rusak.

Cobalah untuk menghidupkan mesin terlebih dahulu supaya anda bisa mendengar secara langsung bunyi yang dihasilkan oleh mesin anda. Untuk contoh, anda bisa melihat water pump rusak parah atau tidak dengan cara diputar pada tangan, apakah getaran mengalami kejadian tersendat atau tidak. Jika saat diputar water pump berbunyi tidak terlalu keras atau sedikit terdengar saat mesin dinaikkan, maka water pump akan berbunyi kencang atau besar, ini pertanda bahwa bearing water pump anda sedang berada pada kondisi tidak baik.

2. Air Radiator Tidak Dapat Bersirkulasi Dengan Baik

Ciri kedua yang menandakan bahwa water pump sedang rusak ialah air radiator tidak bisa bersirkulasi dengan baik. Anda bisa melakukannya dengan cara melepas thermostat untuk sementara lalu perhatikan lubang tutup radiator saat mesin idle. Seandainya water pump baik maka air radiator akan terlihat bergerak atau bersirkulasi dengan lancar menuju radiator bagian atas.

Atau jika anda ingin melakukan tanpa melepas thermostat, maka air radiator akan terlihat bergerak atau bersirkulasi setelah suhu mesin mencapai di atas angka 82°celsius, hal ini terjadi akibat thermostat sudah terbuka ketika suhu di sekeliling thermostat telah mencapai 82°celsius. Baca artikel Sistem Kerja Thermostat

3. Kipas Radiator yang Berputar Secara Terus Menerus

Tips ketiga supaya anda bisa mengetahui water pump telah rusak ialah saat suhu mesin sudah berada di atas angka 96 atau bahkan lebih dan kipas radiator berputar secara terus menerus tanpa berhenti sendiri. Kondisi ini juga didukung dengan suhu mesin yang terus stabil dan tidak turun-turun, namun temperatur mesin terus naik sedangkan hembusan angin yang dihasilkan dari kipas radiator sudah tidak terasa panas lagi.

4. Kipas Radiator Sudah Tidak Berputar

Khusus kipas radiator yang tidak dapat berputar ini bisa dijumpai pada kebanyakan mobil Ford. Dimana sensor temperatur air pendingin mesin dengan fungsi supaya kipas radiator bisa berputar yang berada pada bagian tangki di bawah radiator.

Foto datastream di atas merupakan salah satu contoh dari akibat water pump yang rusak pada mobil Ford. Hal ini berlaku saat suhu mesin berada di atas 100° celsius dan suhu air berada di bawah radiator masih sekitar 71° celsius.

Catatan :

ECT sensor 1 merupakan Engine Coolant Temperatur (sensor suhu) yang berada di mesin.

ECT sensor 2 merupakan Engine Coolant Temperatur (sensor suhu) yang berada pada bagian bawah radiator.

5. Water Pump Mengalami Kebocoran

Water pump yang mengalami kebocoran juga merupakan salah satu ciri dari water pump rusak, biasanya akan ditandai dengan air menetes dari samping maupun depan mesin. Namun, jika kebocoran yang terjadi pada water pump masih kecil, maka tidak akan terlihat adanya air menetes. Hal ini dikarenakan adanya percikan air habis ikut berputar bersama puly water pump. Untuk contoh silakan lihat dan baca di artikel Air Radiator Kurang.

6. Bukalah Bagian Water Pump Rusak

Hal terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengetahui water pump yang rusak adalah dengan cara membongkar waterpump. Hal ini bertujuan supaya anda bisa melihat secara fisik dan utuh kerusakan water pump yang ditimbulkan. Apakah baling-baling water pump yang habis, atau baling-baling water pump tidak dapat berputar meskipun puly water pump masih berputar. Contoh di bawah adalah water pump yang baru saja diganti namun rusak akibat baling-baling yang tidak terhubung kuat dengan as water pump, sehingga walaupun puly berputar, tapi baling-baling tidak bisa ikut berputar.